Penyelenggaraan KMAN VI di Sentani Adalah Satu Penghargaan Bagi Seluruh Masyarakat Kabupaten Jayapura

KMAN VI

SENTANI, PapuaSatu.com – Pelaksanaan Kongres Masyarakat Adat Nusantara (KMAN) VI 2022 adalah sebuah penghormatan dan menjadi kebanggaan tersendiri bagi masyarakat di seluruh Kabupaten Jayapura, terutama masyarakat adat.

Yang mana, Kota Sentani akan menjadi tempat dibukanya KMAN VI yang rencananya akan dibuka oleh Presiden Joko Widodo.

“Ini sebuah penghormatan, sebuah penghargaan bagi Kabupaten Jayapura, yang mana sebagai tuan rumah mewakili wilayah adat Tabi sebagai penyelenggara kongres,” ungkap Kapolres Jayapusa, AKBP Fredrickus W.A. Maclarimboen,SIK dalam kesempatan pembukaan Sentani City Week, Kamis (22/9/22).

Tentunya, kata Kapolres, kepercayaan masyarakat adat seluruh nusantara untuk melaksanakan kongres di Kabupaten Jayaura menjadi tanggung jawab bersama untuk mensukseskannya.

“Tentunya ini menjadi tanggung jawab besar kita semua sebagai tuan rumah yang nanti akan datang seluruh masyarakat adat dari Sabang sampai Merauke,” ujarnya.

Hal itu terutama masyarakat adat di Kabupaten Jayapura, karena dalam pelaksanaan kongres akan digelar sarasehan di 12 lokasi, yang 10 lokasi diantaranya digelar di balai kampung (obhe).

Selain itu, semua peserta kongres akan menginap di rumah-rumah warga masyarakat di sekitar tempat sarasehan.[yat]