Perayaan HUT ke-61 Gereja GIDI: Momen Bersejarah Memperkuat Iman dan Komitmen Pelayanan

380

WAMENA, PapuaSatu.com – Klasis Lembah Baliem Wamena, sebuah bagian dari Gereja Injili Indonesia (GIDI), merayakan ulang tahun ke-61 gereja mereka dengan suatu ibadah yang diadakan di Jemaat Yerusalem Wamena pada hari Minggu, tanggal 11 Februari 2024.

Acara tersebut dipimpin oleh Presiden GIDI, Pdt. Dorman Wandikbo, S.Th dan dihadiri oleh berbagai tokoh terkemuka, termasuk PJ Gubernur Papua Pegunungan Dr. Velix Vernando Wanggai, S.I.P., Beserta kader-kader Partai Demokrat Dr. Ones Pahabol, SE,.MM, Ronny Elopere, S.IP.,M.KP dan Dorlince Medlama, yang merupakan kader terbaik dari Gereja GIDI bahakan Ratusan jemaat dari Klasis Lembah Baliem Wamena turut hadir dalam acara tersebut.

Ibadah syukur ini merupakan momen penting bagi jemaat GIDI untuk merayakan sejarah dan dedikasi gereja mereka selama enam dekade lebih dalam melayani masyarakat dan memperkuat iman umat. Kehadiran tokoh-tokoh terkemuka, seperti Presiden GIDI dan PJ Gubernur Papua Pegunungan, serta para Kader Gereja GIDI, menambah signifikansi acara tersebut serta menunjukkan dukungan yang kuat terhadap perayaan tersebut.

Selama perayaan HUT ke-61 GIDI, berbagai kegiatan dan refleksi mendalam yaitu membawa kesaksian dari jemaat, membacakan Puisi dari Anak-anak sekolah Minggu, pemotongan Kue ulang tahun, dan kunjungan ke Klinik Kalvari Wamena Papua Pegunungan.

Dalam momen bersejarah ini PJ. Gubernur Papua Pegunungan menyampaikan ucapan selamat kepada Jemaat GIDI khususnya dan masyarakat Papua pegunungan pada umumnya untuk memperkuat pelayanan iman Kristiani dan saling menghargai antar umat beragama, mulai dari pendidikan dalam rumah tangga.

“Saya Velix Wanggai selaku PJ Gubernur dan atas nama pemerintah Provinsi Papua Pegunungan mengucapkan selamat hari ulang tahun yang ke-61 Gereja Injili Di Indonesia. Semoga kini terus melanjutkan, mengkabarkan, dan penginjilan kepada jemaat dimana saja berada. Damai untuk kita semua sebagaimana prinsip kasih karena kasih adalah prnsip-prinsip kedamaian untuk menembus batas-batas perbedaan”, pesan PJ Gubernur.

Lanjut pak PJ Gubernur yang tak pernah mengenal perbedaan itu, mengatakan kepada masyarakat Papua Pegunungan untuk mengikuti penyelenggaraan pesta demokrasi serentak di wilayah pemerintahan Provinsi dengan hak pilih dan dengan aman, nyaman, dan damai.

Sementara itu Pdt. Dorman Wanimbo menyampaikan hal yang serupa terkait menjaga kekompakan dalam komunitas, kebersamaan dan kedamaian kepada seluruh Jemaat.

“Salam sejahterah untuk seluruh Warga Jemaat GIDI di Indonesia, hari ini adalah tanggal 12 Februari 2024 dengan ulang tahun GIDI yang ke 61 dalam rangka itu juga dua hari kedepan kita akan lakukan pesta demokrasi yaitu pada tanggal 14 Februari 2024 Oleh karena itu saya berharap khususnya untuk warga Jemaat Gidi dan pada umumnya kita orang Papua Jaga komunitas dan jaga kebersamaan dan jaga Papua bersama karena kita orang Papua sudah berkurang. Politik itu istilahnya tidak sebut sebagai musuh abadi dan sahabat sejati. Tetapi itu hanya karena kepentingan saja oleh sebab itu kita jaga Papua aman dan terkendali”, pesan Presiden GIDI Dorman Wandikbo dalam Wawancaranya.

Pesan selanjutnya disampaikan oleh Dr. Ones Pahabol “Saya mau titipkan satu kalimat ini untuk seluruh kader dan sebagai anak-anak Tuhan baik Gide maupun gereja-gereja lain di Papua pegunungan Kiranya Tuhan akan memberkati kita semua”, ujar Kader Gereja GIDI.

Mengenang perjalanan panjang gereja dalam mengabdi kepada komunitas dan mengembangkan iman jemaat. Acara ini juga menjadi kesempatan bagi jemaat untuk bersatu dalam doa dan pujian, serta untuk merencanakan langkah-langkah masa depan dalam memperluas pelayanan gereja.

Diharapkan perayaan ulang tahun ini dapat menjadi momentum yang menginspirasi jemaat GIDI Klasis Lembah Baliem Wamena untuk terus berkomitmen dalam memperkuat iman dan melayani masyarakat dengan kasih dan kepedulian. Semoga perayaan ini juga membawa berkat dan kesuksesan bagi gereja serta memberikan semangat baru bagi jemaat dalam menjalani panggilan mereka sebagai umat Kristiani.

Mengakhiri rangkaian ini PJ Gubernur beserta rombongannya dan para toko agama dan juga kader Demokrat dapat menghadiri kunjungan ke Klinik Kalvari untuk meninjau kinerja Klinik dan fasilitasnya. [Miki]