Perindagkop Kota Jayapura Tertibkan Pasar-pasar Tradisional

0
94
Kepala Disperindagkop dan UKM Kota Jayapura, Robert Awi
Kepala Disperindagkop dan UKM Kota Jayapura, Robert Awi

JAYAPURA, PapuaSatu.com – Dinas Perindustrian, Perdagangan, Koperasi dan UKM (Disperindagkop dan UKM) Kota Jayapura sepanjang tahun 2019 telah melakukan penertiban sebanyak tujuh kali di pasar-pasar tradisional di Kota Jayapura

“Untuk penataan pasar tradisional di kota Jayapura sepanjang tahun 2019 kami sudah lakukan penertiban tujuh kali. Empat kali di pasar central Hamadi, satu kali di pasar Mama Papua dan dua kali di pasar Youtefa,” kata Kepala Disperindagkop dan UKM Kota Jayapura, Robert Awi saat ditemui awak media diruang kerjanya, Jum’at (18/10/2019).

Dalam penertiban tersebut, Robert jelaskan, salah satu penertiban yaitu penertiban kios atau los pedagang. “Di hamadi, pedagang pakaian baik di kios maupun los, harus pindah ke lantai 2. Ada sekitar 78 pedagang yang kami pindahkan,” jelasnya.

Ia menegaskan, apabila tidak mau dipindahkan, kios atau los yang harusnya diisi dilantai 2 tidak segera diisi hingga batas waktu yang ditentukan maka akan ditarik kembali. “Ya, kios itu akan ditarik kembali oleh pemerintah Kota dan kami serahkan kepada pedagang di lebih membutuhkan,” tegasnya.

Sedangkan dipasar mama Papua, ada 6 kios yang dibongkar, meja dan kursi juga dibersihkan. Pedagang ikan asar dipindahkan ke lantai 2.

“Jadi sekarang, di pasar mama Papua, halamannya sudah bersih, steril dan bisa dimanfaatkan kembali oleh para pengendara untuk memarkirkan kendaraannya saat hendak berbelanja,” ujarnya.

Sementara itu, di pasar Youtefa penertiban serupa seperti pemindahan kios atau los tidak dilakukan akan tetapi ada 120 kios yang dibongkar lantaran kanopi kios tersebut berdiri diatas trotoar maupun drainase. “Itu mengganggu pengguna jalan maupun pedagang dan pelanggan yang lain,” tukasnya. [ayu]