Peringati HPSN 2023, Pemerintah Kabupaten Jayapura Bersama Stakholder Bersihkan Pantai Yahim

30
Penjabat Bupati Jayapura Triwarno Purnomo saat menyalakan mesin dum truck milik DLH Kabupaten Jayapura untuk pengoptimalan pengangkutan sampah
Penjabat Bupati Jayapura Triwarno Purnomo saat menyalakan mesin dum truck milik DLH Kabupaten Jayapura untuk pengoptimalan pengangkutan sampah

SENTANI, PapuaSatu.com – Memperingati Hari Peduli Sampah Nasional (HPSN) 2023 tingkat Kabupaten, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Jayapura, mengelar kerja bakti bersama masyarakat di Pantai Yahim, Rabu (22/2/2023).

Penjabat Bupati Jayapura dalam sambutannya mengajak seluruh masyarakat di daerah untuk terus meningkatkan kecintaan dalam menjaga kelestarian alam dan lingkungan sekitar.

“Kami harus mencintai alam dan lingkungan dengan begitu alam juga akan menjaga kami,” kata Penjabat Bupati Jayapura Triwarno Purnomo.

 

Pengelolaan sampah menjadi tanggung jawab semua pihak, karena akan berdampak negatifnya, terutama banjir dan terganggunya kesehatan lingkungan.

“Material yang terbuang dari sampah akan menjadi gas sehingga akan membahayakan atmosfer bumi dan itu akan berdampak langsung terhadap kehidupan manusia,” Ujarnya

Pj. Bupati Jayapura pun berharap adanya sinergitas antara pemerintah, BUMN, BUMD dan komunitas di wilayah yang semakin ditingkatkan agar bersama-sama menjaga kebersihan lingkungan.

“Jika sampah dapat dikelola dengan baik maka kelestarian alam juga akan terjaga begitupun dengan kesehatan akan terjaga dengan baik,” ujarnya.

Kata Tri Warno, pihaknya juga akan melibatkan pemuda untuk berperan aktif dalam menjaga kelestarian alam terutama cagar alam Cycloop.[yat]