Perkuat Kapasitas Manajemen Bumdes dan Aparat Kampungnya, DPMK Kabupaten jayapura Menggelar Pelatihan BUMKAM

35
Pembukaan pelatihan untuk para pengurus Bumkam se-Kabupaten Jayapura
Pembukaan pelatihan untuk para pengurus Bumkam se-Kabupaten Jayapura

SENTANI, PapuaSatu.com – Guna meningkatkan kapasitas para pengurus Badan Usaha Milik Kampung/Desa (Bumkam), Dinas Pemberdayaan Masyarakat Kampung (DPMK) Kabupaten Jayapura menggelar pelatihan untuk para pengurus Bumkam se-Kabupaten Jayapura.

Pelatihan yang berlangsung di salah satu hotel di Kota Sentani, Senin (1/7/24), dibuka Pj. Bupati Jayapura yang diwakili Asisten II Setda Kabupaten Jayapura, Ny. Delila Giay didampingi Kepala DPMK Kabupaten Jayapura, Elisa Yarusabra dan pejabat yang hadir.

Dalam kesempatan tersebut, Ny. Delila menekankan kepada para pengurus Bumkam untuk bisa memanfaatkan potensi yang ada di kampungnya guna meningkatkan perekonomian kampung.

“Ini kesempatan duduk bersama dia punya ahli, manfaatkan waktu berharga ini,” ungkapnya dalam sambutannya.

Sementara itu, Kepala DPMK Kabupaten Jayapura, Elisa Yarusabra mengungkapkan bahwa pelatihan tersebut pada prinsipnya adalah penguatan kapasitas.

“Dihadiri para kepala kampung, dihadiri direktur Bumdes, yang nantinya mereka akan memahami apa yang menjadi kebijakan kepala kampung, kemudian juga memahami, apa yang menjadi tugas direktur Bumdes,” ungkapnya saat ditemui usai seremoni pembukaan pelatihan.

Dikatakan, bahwa di Kabupaten Jayapura sudah ada 56 Bumdes, dan baru sebagain kecil Bumdes yang aktif.

Dalam pelatihan tersebut, pihaknya menghadirkan narasumber yang dibutuhkan, seperti dari pihak perbankan terkait KUR, BPKP terkait dengan pembukuan dan pelaporan, dan narasumber terkait lainnya.

“perbankan tersebut bisa menjadi mitra pemerintah untuk bisa memberikan Kredit Usaha Rakyat, untuk memodali Badan Usaha Milik Kampung, sehinga mereka dengan usaha yang ada itu bisa berjalan dan bisa meningkatakan pendapatan asli kampung,” jelasnya.[yat]