Personil Gabungan Polda Papua, Tni Dan Sat Pol PP Beri Penindakan dan Pembatasan Sosial

0
217
Aparat gabungan Polri, TNI, Sat Pol PP saat memberi penindakan dan pembatasan sosial dalam rangka mencegah penyebaran Covid 19 di Kota Jayapura, Jumat (22/5/20)
Aparat gabungan Polri, TNI, Sat Pol PP saat memberi penindakan dan pembatasan sosial dalam rangka mencegah penyebaran Covid 19 di Kota Jayapura, Jumat (22/5/20)

JAYAPURA, PapuaSatu.com – Tepat pukul 14.00 Wit sebagai batas waktu untuk aktifitas ekonomi di seputaran Kota Jayapura, aparat gabungan Polri, TNI, Sat Pol PP memberi penindakan dan pembatasan sosial dalam rangka mencegah penyebaran Covid 19, Jumat (22/5/20).

Kegiatan penindakan dan pembatasan sosial tersebut dilaksanakan sebagai upaya untuk mencegah berkembangnya virus corona yang ada di Papua, dan dalam pelaksanaannya tetap mengedepankan penindakan secara humanis, sehingga masyarakat bisa paham dan tau maksud dari tujuan kegiatan tersebut.

Kasubdit Gasum Direktorat Samapta Polda Papua AKBP Ferdian Indra Fahmi, S,IK, dalam kesempatannnya mengucapkan banyak terimakasih kepada para personel gabungan yang selalu hadir untuk memberikan himbauan dan penyekatan jalan demi mengurangi penyebaran Covid-19 di Kota Jayapura.

“Ini merupakan hari ke-5 dalam pelaksanaan, diharapkan kepada personel untuk menindak secara tegas bagi masyarakat yang masih keluyuran tanpa beraktivitas,” ungkapnya.

Jika diketahui ada masyarakat yang masih keluyuran pada jam pembatasan yang telah ditetapkan, diberikan imbauan dan menyuruh memutar balikkan dan mengembalikan kendaraanya ke rumah masing-masing.

Hal itu, kecuali para petugas medis, angkutan sembako dan kegiatan emergency lainnya.

Sukirno selaku Perwakilan dari SatpoL PP Prov. Papua dalam kesempatannya mengharapkan kepada rekan-rekan Satpol PP maupun personel Polri dan TNI yang berada dilapangan untuk memeriksa secara detail bagi pengendara yang ingin melewati pos dimulai dari tim medis hingga yang lainnya, misalnya ID Card dan KTP.

“Karena saat ini banyak terjadi pemalsuan identitas yang dilakukan oleh oknum yang tidak bertanggung jawab untuk berkeliaran di jalan raya,” ungkapnya.

Kasat Samapta Polresta Jayapura Kota, AKP Septinus Oslegy mengatakan, kepada personel pengamanan untuk tidak terpancing, dan dapat menjaga emosi dan perilaku agar tidak merugikan diri sendiri dan institusi.

“Tetap mempedomani ketentuan yang ditetapkan dalam surat edaran Gubernur serta arahan Kapolda Papua dalam melakukan tindakan terhadap masyarakat, waspada dan menjaga keselamatan diri petugas serta masyarakat,” ujarnya.

Adapun titik – titik yang dilakukan pembatasan sosial aktifitas masyarakat dengan cara penutupan jalan protokol, antara lain pos simpang Mandala, Pos Traffick Light Dok II, Pos Taman Imbi Simpang Bank Papua, dan Pos Simpang Variant.[yat]