Pimpin Sertijab Dan Tradisi Korps Pejabat Kodam, Pangdam XVII/Cenderawasih : Kembangkan Inisiatif Untuk Melahirkan Dan Cetak Prajurit Terbaik di Angkatan Darat

32

JAYAPURA, PapuaSatu.com – Pangdam XVII/Cenderawasih Mayjen TNI Muhammad Saleh Mustafa, memimpin acara Serah Terima Jabatan (Sertijab) dan Tradisi Korps Pejabat Kodam XVII/Cenderawasih, bertempat di Aula Tonny A Rompis Makodam XVII/Cenderawasih, Jayapura, Rabu (7/12/2022).

Demikian disampaikan Kapendam XVII/Cenderawasih Kolonel Kav Herman Taryaman, S.I.P., M.H dalam keterangannya.

“Pejabat Kodam yang  diserahterimakan jabatannya yaitu Asren Kodam XVII/Cenderawasih dari Kolonel Inf Saut Edward Tampubolon kepada Kolonel Arm Edwin Habel, S.A.P., M.M. dan Kahubdam XVII/Cenderawasih dari Kolonel Chb Wiriadi, S.E. kepada Letkol Chb Anton Prasetia, S.Sos, serta penyerahan Jabatan Kabekangdam XVII/Cenderawasih dari Pangdam XVII/Cenderawasih kepada Letkol Cba M. Aminuddin Aziz, M.Si. (Han),” kata Kapendam.

Diawal sambutannya, Pangdam XVII/Cenderawasih menyampaikan selamat datang kepada Kolonel Arm Edwin Habel, S.A.P., M.M., Letkol Chb Anton Prasetia, S.Sos., dan Letkol Cba M. Aminuddin Aziz, M.Si (Han) sebagai pejabat baru yang secara resmi menjadi bagian dari keluarga besar Kodam XVII/Cenderawasih Ksatria Pelindung Rakyat.

“Kita harus bersyukur dan mensyukuri akan jabatan yang baru diberikan. Pangkat Kolonel itu bukan dilihat akan prestasi kerjanya tapi pangkat Kolonel itu dilihat akan loyalitas. Kepercayaan itu yang paling penting dan dibangun. Itulah yang akan nanti melahirkan Bintang di Pundakmu,” pungkas Pangdam XVII/Cenderawasih.

“Kepercayaan itu bisa ditunjukkan dengan salah satunya komunikasi, keterbukaan, misalnya dalam sistem komunikasi. Diajari lawan bicara kita pimpinan bicaranya seperti apa, etikanya bagaimana, lawan bicaranya bawahan. Tidak bisa menyuruh-nyuruh lagi. Karena kita Kolonel itu sangat butuh terhadap anak buah dan bicaranya ke anak buahnya baik-baik supaya menjadi Bintang,” kata Mayjen TNI Muhammad Saleh Mustafa.

“Sesuatu tujuan itu harus dicapai, gambarannya, hikmahnya harus dengan bekerja keras dan pengorbanan, karena waktu tetap berjalan, tetapi momentum dan kerja keras itu harus ditanamkan dihiasi dari waktu ke waktu itu. Memang pilihan dalam kita mengisi waktu itu, tapi kalau kita selalu menerima tantangan, mungkin yang kita raih itu seperti pecah rekor,” jelas Mayjen TNI Muhammad Saleh Mustafa.

Lebih lanjut Pangdam XVII/Cenderawasih mengatakan, di tempat tugas yang baru siap mendapatkan tantangan. Selalu mengecek ke dalam terhadap anggota, dan kalau melakukan mengecekan keluar tunjukkan apa yang bisa dilakukan, apa yang bisa disumbangkan kepada satuan.

“Saya ingin membangun Tripola Dasar, yang pertama mental, fisik, akademik, mentalnya itu follow the leader jadi ikuti saya, kembangkan inisiatif untuk melahirkan, mencetak prajurit terbaik di Angkatan Darat,” Pangdam XVII/Cenderawasih.[redaksi]