Polres Jayapura Musnahkan Barang Bukti 558,58 Gram Ganja Dari Tiga Orang Pengedar

Pemusnahan barang bukti ganja seberat 500 gram lebih di Mapolres Jayapura, Rabu (9/6/21)

SENTANI, PapuaSatu.com – Hari Rabu (9/6/21) pagi, aparat penyidik Reserse Narkoba Polres Jayapura memusnahkan barang bukti berupa narkotika jenis ganja seberat 558,58 gram.

Pemusnahan narkotika tersebut, setelah proses penyidikan masuk tahap satu, sambil menunggu tahap dua atau penyerahan berkas bersama tersangkanya kepada Jaksa Penuntut Umum (JPU).

Kapolres Jayapura, AKBP DR. Victor Dean Macbon mengungkapkan, ganja tersebut disita dari tiga orang tersangka yang berhasil ditangkap beberapa waktu lalu.

“Sambil menungu tahap dua, sesuai Standar Operational Prosedur (SOP), barang bukti ini hari ini kita musnahkan,” ungkap Kapolres Jayapura, AKBP DR. Victor Dean Macbon bersama aparat JPU dari Kejaksaan Negeri Jayapura, sebelum pemusnahan barang bukti ganja di Mapolres Jayapura, Rabu (9/6/21).

Setengah kilo gram lebih ganja tersebut, yang 299,83 gram disita dari tersangka RW (21), yang setelah disisihkan untuk uji laboratorium dan sampel barang bukti di persidangan, tersisa 298,33 untuk dimusnahkan.

Selebihnya, yakni seberat 261,75 gram disita dari dua tersangka, masing-masing berinisial AAK (18) dan YK (19) pada 29 April 2021.

Setelah disisihkan untuk pengujian laboratorium dan sampel di meja peraidangan mendatang, sisa 260,25 untuk dimusnahkan.

Kepada para tersangka, penyidik Sat Res Narkoba Polres Jayapura menjerat dengan pasar 111 ayat 1 UU RI No. 35 Tahin 2009 tentang Narkotika dengan ancaman pidana penjara maksimal 12 tahun dan denda maksimal Rp. 8 milyar.

Pemusnahan barang bukti sendiri, kata Kapolres, dengan tujuan agar tidak terjadi penyalahgunaan atas barang bukti Narkotika tersebut.

“Memang sering terjadi disalahgunakan oleh oknum-oknum atau orang lain ya, sehingga dilakukan pencegahan dengan jalan dimusnahkan,” jelasnya.[yat]