Polres Tolikara Bersama Pemerintah Daerah Musnahkan Barang Tak Layak Konsumsi

0
97
Pemusnahan sebagian barang campuran yang telah rusak dan tak layak konsumsi yang masuk ke Kabupaten Tolikara, Senin (25/5/20)
Pemusnahan sebagian barang campuran yang telah rusak dan tak layak konsumsi yang masuk ke Kabupaten Tolikara, Senin (25/5/20)

JAYAPURA, PapuaSatu.com – Bertempat di Mapolsek Karubaga, Kapolres Tolikara bersama Wakil Bupati Tolikara memusnahkan sebagian barang campuran yang telah rusak dan tak layak konsumsi, Senin (25/5/20).

Barang berupa sembako tersebut berasal dari Kabupaten Jayawijaya yang dibawa ke Kabupaten Tolikara menggunakan empat truk pada Sabtu (23/5/20).

Namun barang tersebut tidak langsung dibongkar, karena ada sekelompok masyarakat mendatangi para supir menanyakan pemilik barang tersebut dan menanyakan kenapa supir bisa masuk ke Kabupaten Tolikara, sedangkan Portal telah ditutup karena libur, sehingga keempat truk tersebut diamankan ke Mapolsek Karubaga.

Setelah dilakukan pemeriksaan terhadap barang-barang tersebut, terdapat sebagian barang seperti ikan dan telur yang sudah rusak dan tidak layak dikonsumsi serta berbau tidak sedap sehingga dilakukan pemusnahan.

Wakil Bupati Tolikara Dinus Wanimbo SH dalam kesempatannya mengatakan bahwa, barang-barang tersebut masuk saat semua aparat konsentrasi pada perayaan Idul Fitri, setelah dilihat barang tersebut masuk, masyarakat protes, sehingga dilakukan pemeriksaan barang tersebut.

Dari sebagian barang tersebut ada yang tidak bertahan lama kemudian dicari jalan keluar untuk tempat penyimpananya, serta membuatkan berita acara lengkap kalau ada kerusakan barang, sehingga ada pertayaan dari masyarakat bisa dijawab.

“Pemusnahan ini dilakukan karena kedua jenis barang ini sangat berbau tak sedap, sehingga kita menjaga masyarakat di sekitar tempat ini jangan sampai berdampak pada lingkungan dan dapat menimbulkan penyakit,” ungkap Wakil Bupati.

Kapolres Tolikara AKBP Leonard Akobiarek dalam kesempatannya mengatakan, bahwa berdasarkan kesepakatan Tim Covid -19, untuk muatan sembako sudah dijadwalkan sesuai dengan kondisi kebutuhan masyarakat di lapangan.

“Jadi jangan ada yang melanggar aturan yang akan berdampak pada situasi Kamtimbas,” ujar Kapolres.[yat]