PT Pelni Jayapura Tegaskan Tidak Ada Calo Tiket Dan Harga Tiket Tetap Normal

0
271
Situasi pelabuhan Jayapura yang dipadati calon penumpang, Selasa (28/5/2019).
Situasi pelabuhan Jayapura yang dipadati calon penumpang, Selasa (28/5/2019).

JAYAPURA, PapuaSatu.com – Dengan jumlah penumpang yang padat jelang hari besar keagamaan umat Muslim, Kepala PT Pelni Jayapura, Harianto Sembiring menegaskan bahwa tidak ada calo tiket di pelabuhan laut Jayapura.

“Tidak ada calo tiket. Dulu mungkin ada, namun sekarang tidak ada calo yang berkeliaran di pelabuhan Jayapura,”tegasnya, Selasa (28/5/2019).

Ia mengatakan arus mudik lebaran 2019 memang terus mengalami peningkatan sejak 3 minggu terakhir. Maka guna mengatasi lonjakan tersebut, PT Pelni Cabang Jayapura mendapatkan satu tambahan kapal laut yakni KM. Tidar.

“Kita masih melayani tiket dan  masih tersedia, kapal terakhir hari ini (28/5/2019) yaitu KM. Tidar tujuan ke arah Barat Indonesia. Paling banyak memang ke sana, tujuan Makassar dan Surabaya,”katanya.

Meski mengalami kelonjakan penumpang hingga 100 persen, Sembiring mengaku tidak ada kenaikan harga tiket. Selain itu, agar pembelian tiket lebih praktis, diberlakukan juga penjualan tiket online.

Dirinya membeberkan, akibat arus mudik lebaran yang padat, PT Pelni memberlakukan dispensasi dengan tetap menjual tiket nonseat.

“Sesuai arahan Kementerian Perhubungan yang memberikan dispensasi untuk tambahan penumpang non seat, jadi saat ini kita jual, tapi tetap sesuai kapasitas, masih pada batas kewajaran,”bebernya.

Ia menhimbau kepada masyarakat dan para calon penumpang yang hendak mudik agar tertib dan ikuti aturan yang ada.

“Tetap ikuti aturan seperti tidak membawa minuman beralkohol ataupun senjata tajam,” imbaunya.

Sejauh ini, selama bulan Ramadhan, kondisi pelayaran PT Pelni selalu aman. Ia berharap kondisi keamanan para penumpang terus aman terkendali hingga arus mudik balik.

“Kami harapkan hingga arus balik tetap terjaga, ini kan kapal terakhir untuk arus mudik,”harapnya. [ayu]