PWI Papua Barat Polisikan Dua Akun Facebook, Ini Selengkapnya

MANOKWARI, PapuaSatu.com – Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Provinsi Papua Barat mempolisikan akun facebook (FB) bernama Ari Koesmiadi dan Vera Sinaga, di Kepolisian Resor (Polres) Manokwari, Selasa (21/06/2022).

Pantauan media ini, pengaduan yang dibuat resmi oleh Ketua Advokasi Wartawan sekira pukul 09.30 WIT pagi itu, didampingi langsung oleh Ketua PWI Provinsi Papua Barat beserta sejumlah wartawan media online, cetak, dan elektronik.

Akun FB Ari Koesmiadi diadukan ke polisi, karena postingannya yang diduga mencoreng nama baik jurnalis. Sementara akun Vera Sinaga diadukan, karena komentarnya menanggapi postingan akun FB Ari Koemiadi.

Ketua PWI Papua Barat, Bustam mengatakan, bahwa dua akun tersebut harus mempertanggungjawabkan pernyataannya di media sosial.

Pasalnya, pernyataan di medsos itu bernada kritik, tapi kritik tidak pada tempatnya. Sambungnya, sebab bukan disampaikan dalam sebuah forum resmi yang dihadiri kedua belah pihak.

“Kita bukan dalam sebuah forum resmi yang di dalamnya ada pakar yang bisa menilai, dan bukan forum yang menghadirkan kedua belah pihak di situ. Jadi saya melihat ini hanya personal dan kami melihatnya subjektif,”tegas Bustam.

Lanjut Bustam, pers tidak antikritik, tetapi kritik harus pada tempatnya bukan di Medsos karena di medsos jangan sampai analisanya mengarah ke pencemaran.

“Dan kami menganggap pencemaran, karena bisa mengiring orang tidak percaya pada pers. Padahal Presiden saja sampai hari ini menyatakan bahwa media mainstream masih menjadi ukuran karena menjamurnya hoaks di media sosial dan selalu teman-teman yang melakukan pemadam kebakaran. Jadi kerja-kerja pers tolong dihargai,”pintanya.

Wartawan senior di Papua Barat ini menambahkan, PWI menunggu tindak lanjut dari Polres Manokwari untuk memanggil yang bersangkutan guna dimintai keterangan. [free]