Rapid Test di Kawasan Karantina Khusus, Enam Warga Terdeteksi Positif

334
Juru Bicara Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-16 Kabupaten Jayapura, dr. Khairul Lie
Juru Bicara Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-16 Kabupaten Jayapura, dr. Khairul Lie

SENTANI, PapuaSatu.com – Setelah resmi dilakukan karantina khusus untuk sejumlah kelurahan di Sentani, selain mendistribusikan logistic atau Sembako, Tim Kesehatan Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-16 Kabupaten Jayapura langsung melakukan tes rapid (rapid test) kepada warga.

Juru Bicara Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-16 Kabupaten Jayapura, dr. Khairul Lie mengungkapkan bahwa tim kesehatan sudah memeriksa sekitar 50 orang warga di kawasan karantinan khusus, dan mendapati 6 orang warga menunjukkan positif Covid-19.

“Tim kesehatan tadi melakukan Rapid Test terhadap kontak-kontak erat yang sangat berpotensi, dan kita mendapatkan tadi dari hasil pemeriksaan rapid yang kita lakukan, dari sekitar 50 yang kita periksa ada 6 yang menunjukkan positif rapid, dan ini akan kita teruskan untuk dilakukan PCR,” ungkapnya melalui siaran persnya, Kamis (23/4/20).

Di kawasan karantina khusus Pasar Lama Sentani, juga dilakukan promosi atau sosialisasi kesehatan oleh Tim Promkes Gugus Tugas, guna memberikan pemahaman seputar upaya percepatan penanganan Covid-19.

Tim lain, yaitu tim disinfectant juga terus bergerak melakukan penyemprotan di sejumlah tempat, diantaranya di Perumahan di depan AURI dan di depan Stadion Bas Youwe yang terdapat pasien yang terkonfirmasi positif Covid-19,  dan di kawasan pertokoan Saga Mall hingga Rumah Makan Mandala Sentani.

“Kami melaporkan bahwa beberapa perkebangan yang dilakukan tim gugus tugas tentang penyediaan masker juga tetap berjalan dari Dinas Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak,” ungkap Khairul Lie.

Dalam rangka penanganan yang lebih terpadu, Tim Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Kabupaten Jayapura juga melakukan upaya koordinasi dengan Pemerintah Provinsi Papua.

Sementara itu, update kasus Covid-19 per 23 April 2020 pukul 18.00 WIT, jumlah positif covid-19 ada 25 kasus, negative tambah 2 kasus dari 41 menjadi 43, yang sembuh tetap 7 kasus, kemudian Pasien Dalam Pengawasan (PDP) yang sedang dirawat tinggal 2 orang dan PDP yang meninggal 2.

Dan untuk Orang Dalam Pemantauan (ODP), dari total (komulatif) 851 orang, telah keluar dari daftar ODP 604 orang dan yang masih dalam pemantauan tim kesehatan ada 247 orang.[yat]