Ringankan Pekerjaan Warga Biak Numfor, Aparat TNI Bantu Olah Minyak Kelapa

WARSA, PapuaSatu.com – Memupuk kebersamaan dan keharmonisan bersama masyarakat, Sertu Paulus Karuapi Babinsa Posramil 1708-02/Bu-Warsa melaksanakan komunikasi sosial dengan membantu secara langsung proses pengolahan minyak kelapa bersama masyarakat di Kampung Wasani, Distrik Warsa, Kabupaten Biak Numfor, Selasa (22/11/2022).

Babinsa Sertu Karuapi dalam penyampaiannya mengatakan bahwa minyak kelapa merupakan salah-satu olahan tradisional masyarakat setempat, dalam menunjang kebutuhan ekonomi baik dalam segi penjualan dan pemakaian, sehingga dapat membantu meringankan beban masyarakat dalam mengatasi kebutuhan ekonomi.

“Dalam proses pengolahan minyak kelapa ini membutuhkan waktu kurang lebih 1 hari, mengingat jumlah buah kelapa sebanyak 70 buah, baik dari tahap pengupasan kelapa, proses pemarutan kelapa, peremasan hasil parutan kelapa dan proses larutan santan didalam wadah, hingga tahap proses pemasakan dan tirisan hasil dari buah kelapa yang sudah menjadi minyak,” jelasnya.

“Kami selaku Babinsa membantu proses pengolahan minyak kelapa milik Ibu Martince Rumkabu, sekaligus hal ini juga merupakan pembelajaran bersama tentang bagaimana proses pembuatan minyak kelapa.”

“Ternyata dalam pengolahannya membutuhkan waktu dan proses yang cukup panjang, apa yang kami lakukan ini sebagai wujud dalam beradaptasi dengan lingkungan, dan sebagai Babinsa sudah seharusnya bisa menyesuaikan diri dengan kegiatan masyarakat,” ucap Babinsa.

Ibu Martince Rumkabu selaku pemasak minyak kelapa merasa senang dan sangat mengapresiasi keberadaan dan bantuan Babinsa.

“Kami sebagai warga sangat senang dengan apa yang dilakukan Babinsa, yang mau peduli dan mengetahui proses pengerjaan yang dilakukan warga masyarakatnya, termasuk membantu dalam proses pengolahan minyak kelapa ini,” ungkap Ibu Rumkabu.[redaksi]