RM Papeda Raih Top 5 Pencapaian Luar Biasa Inovasi Pelayanan Publik 2020

0
127
Kapolres Jayapura, AKBP Victor D Macbon saat memberi keterangan kepada wartawan di depan RM Papeda yang ada di samping Pos Jaga Mapolres Jayapura.
Kapolres Jayapura, AKBP Victor D Macbon saat memberi keterangan kepada wartawan di depan RM Papeda yang ada di samping Pos Jaga Mapolres Jayapura.

SENTANI, PapuaSatu.com – Rumah Masyarakat Papua Penuh Damai (RM Papeda) yang didirikan oleh jajaran Polres Jayapura kembali tampil sebagai top 5 pencapaian luar biasa dari inovasi pelayanan Publik Tahun 2020 dari Kementrian Pendayagunaan Aparatur Negara Reformasi dan Birokrasi (Kemenpan RB).

RM Papeda tersebut, dalam operasionalnya dilakukan dengan membangun kemitraan bersama TNI, Pemda Jayapura, Ormas dan Dinas terkait untuk merespon segala keluhan masyarakat

“Mewakili Polres Jayapura Polda Papua dan Kepolisian Negara Republik Indonesia pada umumnya, inovasi RM PAPEDA (Rumah Masyarakat Papua Penuh Damai) berhasil keluar sebagai 5 Outstanding Achievement Of Public Service Inovation 2020 atau 5 Pencapaian Luar Biasa dari Inovasi Pelayanan Publik 2020 yang ditetapkan Kemenpan RB (Kementrian Pendayagunaan Aparatur Negara Reformasi dan Birokrasi) saat live melalui chanel youtube Kemenpan RB pada tanggal 27 Juli 2020,” ungkap Kapolres Jayapura AKBP Dr. Victor Dean Mackbon, SH., S.IK., MH., M.Si saat kepada wartawan di halaman Mapolres Jayapura, Rabu (05/08) siang.

Kapolres pun mengucapkan terima kasih atas dukungan seluruh stakeholder maupun awak media yang telah berperan aktif mendukung dan mensosialisasikan RM Papeda.

“Kami Polres Jayapura mengucapkan terimakasih atas dukungan dari stakeholder Kabupaten Jayapura maupun rekan – rekan media, karena telah berperan aktif mendukung serta mensosialisasikan Rumah Masyarakat Papua Penuh Damai (RM Papeda) dan program Apuse Pelita Polres Jayapura,” ungkapnya.

Masuknya inovasi RM Papeda sebagai the best 5 Outstanding Inovation Awards 2020 dari Kemenpan RB, dikarenakan adanya keberlanjutan dan juga dapat membawa dampak baik terhadap Kamtibmas.

Ada juga program Apuse Pelita Polres Jayapura, yang menyiapkan rumah aman perlindungan perempuan dan anak yang mana telah memasuki Top 99 inovasi dari seluruh Indonesia.

“Kita telah membangun sinergitas antar badan perlindungan perempuan dan anak Kabupaten Jayapura, tokoh adat dan tokoh agama untuk menekan angka kejahatan dan kekerasan terhadap perempuan dan anak,” ungkapnya.

Dikatakan, hal itu merupakan prestasi yang luar biasa yang telah diraih oleh Polres Jayapura.

“Tentunya kami memerlukan evaluasi dan masukan dari rekan – rekan media dan masyarakat agar program ini tidak sebagai tataran bawah akan tetapi dapat dirasakan oleh seluruh lapisan masyarakat dalam rangka meningkatkan pelayanan public,” ujarnya.

Kapolres juga mengatakan, bahwa segala upaya akan dilakukan untuk meningkatkan pelayanan kepada masyarakat dalam menyelesaikan suatu permasalahan yang terjadi, dengan melibatkan unsur – unsur pemerintahan dan masyarakat.

“Hal ini dapat dilihat dari banyaknya persoalan yang besar maupun kecil yang dapat kami tangani,” jelasnya.

“Kami memohon doa dan dukungan dari masyarakat Kabupaten Jayapura agar program RM. PAPEDA ini dapat mengikuti forum di tingkat Internasional yaitu United Nation Public Service, tentunya kita akan mempresentasikan keberhasilan yang telah diraih oleh RM. Papeda agar dapat diadopsi oleh Polres yang berada di Papua maupun di luar Papua,” sambungnya.

Sekedar informasi bahwa RM. Papeda telah menjadi milik Polda Papua berdasarkan perintah Kapolda, agar seluruh Polres di jajaran Polda Papua untuk mengadopsi program tersebut, karena sudah melewati ujian – ujian.[yat]