Sambut HUT TNI Ke 72, Kodam XVII/Cenderawasih Gelar Bhakti Sosial

1062

JAYAPURA, PapuaSatu.com – Dalam rangka menyambut Hari Ulang Tahun (HUT) Tentara Nasional Indonesia (TNI) ke 72, Kodam XVII/Cenderawasih menggelar berbagai kegiatan social dalam beberapa minggu terakhir ini. Kegiatan-kegian tersebut sebagai perwujudan dari kemanunggalan TNI – Rakyat serta untuk menciptakan keharmonisan dalam kehidupan bermasyarakat, berbangsa dan bernegara.

Salah satu kegiatan yang dilaksanakan pada peringatan HUT TNI ke 72 Tahun 2017 adalah menggelar Bhakti sosial berupa pengobatan massal, pembagian kacamata baca dan donor darah yang dilaksanakan di Taman Mesran Jayapura, Kamis (28/09/17)

Pangdam XVII/Cenderawasih, Mayjen TNI George Elnadus Supit secara langsung membuka kegiatan tersebut dalam sambutannya mengatakan, kegiatan bhakti sosial yang digelar ini, selain dalam rangka menyambut peringatan HUT TNI ke 72 tahun 2017 juga sebagai wujud  kepedulian TNI kepada masyarakat.

“Mari kita sumbangsihkan tenaga, pikiran kita yang terbaik untuk kesejahteraan masyarakat, sehingga kebersamaan, kepedulian TNI terhadap kesulitan rakyat akan menjadikan sebuah ikatan yang solid serta sebagai wujud  kemanunggalan antara TNI dan Rakyat,” jelas Pangdam.

Kegiatan Bhakti Sosial yang dilaksanakan meliputi pengobatan massal, Donor Darah dan pembagian Kaca Mata baca sebanyak 1000 buah yang secara gratis dibagikan kepada masyarakat. Sedangkan untuk Donor Darah yang awalnya ditargetkan 500 kantong, ternyata pada Bhaksos kali ini melebihi target mencapai 750 kantong.

Animo masyarakat yang ikut dalam kegiatan Bhakti sosial ini juga sangat tinggi, terbukti pada awalnya diperkirakan masyarakat yang datang sekitar 1000 orang, tapi kenyataannya mencapai hampir 2000 orang.

Hal ini menunjukan bahwa hubungan antara TNI – Rakyat terjalin sudah sangat baik, serta semakin mengerti akan pentingnya kesehatan, sehingga kesempatan ada pengobatan massal mereka dengan kesadaran sendiri datang untuk memeriksakan dirinya.

Salah satu masyarakat, Bapak Ohe yang hadir bersama warganya pada kesempatan tersebut mengungkapkan bahwa kegiatan seperti ini cukup baik dan sangat membantu masyarakat terutama soal kesehatan.

“Selain itu, kita dapatkaca mata baca gratis, karena kalau beli harganya cukup mahal, maka itu warga masyarakat  hadir” tutur Ohe.

Lebih lanjut Ohe katakan, dengan adanya kegiatan Bhakti Sosial seperti ini, tentunya akan menjadikan TNI semakin dekat di hati masyarakat, dan kedekatan ini harus dipelihara serta ditingkatkan sehingga rakyat akan lebih mencintai dan merasa memiliki TNI.

“Saya mewakili masyarakat Jayapura mengucapkan Dirgahayu TNI ke 72, Jayalah TNI bersama Rakyat untuk Kedaulatan NKRI, bersama rakyat TNI kuat” pungkas Ohe salah satu tokoh masyarakat dari Kampung Yoka.

Dalam kegiatan tersebut nampak juga dihadiri oleh, Kapolda Papua Irjen Pol Boy Rafli Amar, Kasdam XVII/Cenderawasih Brigjen TNI Herman Asaribab, Danlantamal X/Jayapura Laksamana Pertama TNI Heru Kusmanto, S.E., M.M., Danlanud Jayapura Kolonel Pnb Erwan Andrian. (Abe)