Sanksi 1 Ekor Babi bagi Pelanggar Tim Turnamen Ondo Heram Cup III 2020

Caption : Sejumlah tim sepak bola dan Ondofolo Heram Rasim Klebeuw menyampaikan sambutan, pada pembukaan turnamen Ondo Heram Cup III tahun 2020 di Lapangan Kampung Harapan Minggu, 4 Oktober 2020.
Caption : Sejumlah tim sepak bola dan Ondofolo Heram Rasim Klebeuw menyampaikan sambutan, pada pembukaan turnamen Ondo Heram Cup III tahun 2020 di Lapangan Kampung Harapan Minggu, 4 Oktober 2020.

JAYAPUA, PapuaSatu.com –  Ondofolo Heram Rasim Klebeuw Moses Ohee,  secara resmi membuka Turnamen Ondo Heram Cup III tahun 2020,  pada MInggu (04/10/2020) di Kampung Harapan, distrik Sentani Timur-Kabupaten Jayapura.

Dalam turnamen ini, Ondofolo Heram Rasim Klebeuw Moses Ohee menegaskan,  jika ada pelenggaran dari pihak pendukung tim sepak bola maupun pemain, pihaknya memberikan sanksi berupa satu ekor babi dan manik-manik kelas satu.

Hal itu harus dijalankan karena sanksi tersebut sudah menjadi keputusan dalam system adat. Apa lagi pihaknya juga sebagai penyelengara turnamen Ondo Heram Cup III tahun ini di kampung Harapan Minggu, 4 Oktober 2020.

“Saya terapkan sanksi satu ekor babi dan manik-manik kelas satu ini supaya setiap tim yang mendaftar dalam turnamen ini dapat bermain sesuai yang kami harapkan. Saya sudah beritahu ke panitia juga agar saknsi ini dapat dijalankan ketika ada terjadi pelanggaran dalam pertandingan sepak bola dari pihak pemain mauapun pendukung pemainnya,” ungkap Ondofolo Moses Ohee kepada PapuSatu.com.

Ondofolo menetapkan sanksi yang diberikan itu akan berlaku juga pada kegiatan-kegiatan lomba lain di wilayah nya.

Dalam pembukaan turnamen Ondo Heram Cup III itu sebagai symbol pembukaan ditandai dengan penyerahan piala bergilir, tendangan bola pertama oleh Ondofolo Heram Rasim Klebeuw Moses Ohee, dan pertandingan pertama dari tim sepak bola aparat pemerintahan kampung Waena melawan tim sepak bola Panitia.

Ketua Panitia Turnamen Ondo Heram Cup III Jefri Henry Pouw, mengatakan jumlah tim sepak bola dalam rangka turnamen Ondo Heram Cup III tahun ini bedah dengan tahun-tahun sebelumnya.

Dimana jumlah tim turnamen kali ini sudah mencapai 42 dan ini sebuah hal baru dari kegiatan turnamen Ondo Heram Cap sebelumnya.

Oleh karena itu, pihaknya selaku panitia berharap agar seluruh tim dan penonoton, supaya bisa bekerjasama yang baik untuk mensukseskan turnamen dengan aman, nyaman, dan damai, apa lagi khususnya pemain sepak bola.

“Boleh bermain keras tetapi tidak boleh bermain kasar karena kemenangan itu menjadi hal hal kedua daripada kebersamaan dan sportivitas yang bisa menjadi hal utama dalam bertanding,” hareap Jefri Pouw.

Bukan hanya menjaga kebersamaa, akan tetapi dalam turnamen  itu diharapkan agar mengikuti protokol kesehatan yang dikeluarkan oleh tim gugus tugas Kabupaten Jayapura. “Memang sudah ada ijin keramaian dari kepolisian, tapi kita harus tetap memgikuti protocol kesehatan,” tukasnya.

Iapun menyampaikan bahwa, panitia sudah menyiapkan masker dan peralatan cuci tangan bagi pemain sepak boleh dan penonton yang hadir. “Kami berharap turnamen ini dapat selesai dengan aman dan damai dan kesehatan tetap terjaga,” pungkasnya. [miki]