Satgas Pamtas RI-PNG Yonif 511/DY Gelar Komsos Kreatif Dengan Humanis Di Kampung Kuler Papua

56

MERAUKE, PapuaSatu.com – Sebagai bentuk kepedulian dan membantu kesulitan yang dihadapi warga masyarakat binaan di wilayah penugasan, Satgas Pamtas RI-PNG Yonif 511/DY Pos Komando Kompi (Koki) Kuler SSK IV melaksanakan Komsos dengan rangkaian kegiatan pembinaan teritorial (Binter) di Kampung Kuler, Distrik Naukenjerai, Kabupaten Merauke, Jumat (27/1/2023).

Lettu Inf Gatot Primadasa, S.Tr.Han. selaku Komandan Kompi SSK IV mengatakan bahwa rangkaian kegiatan tersebut tidak lain bertujuan untuk menindak lanjuti perintah dari komando atas untuk mewujudkan program meningkatkan kesejahteraan masyarakat yang kurang mampu.

“Dengan dilakukannya kegiatan pembinaan teritorial yang juga bisa disebut serangan teritorial ini, kami harapkan semoga bisa membantu dan meringankan beban warga masyarakat yang kurang mampu khususnya masyarakat perbatasan,” ujar Lettu Inf Gatot Primadasa.

Danki juga menambahkan kegiatan tersebut merupakan salah satu implementasi tugas pokok TNI dalam Operasi Militer Selain Perang (OMSP) di masa damai sebagai rasa peduli dan kemanunggalan antara TNI dengan Rakyat.

“Ini adalah salah satu wujud perhatian TNI terhadap masyarakat serta membantu pemerintah meningkatkan kesejahteraan masyarakat yang berada di wilayah perbatasan,” tambahnya.

Adapun rangkaian kegiatan tersebut meliputi pelayanan kesehatan keliling, memasak dan makan bersama, memberikan edukasi hidup yang sehat, dan yang terakhir dengan mengajarkan metode dan cara bercocok tanam yang benar kepada warga masyarakat.

Dengan diadakannya kegiatan tersebut banyak mendapatkan respon positif dari Warga.

Adapun salah satu warga masyarakat yang telah merasakan dampak positif dari kegiatan itu adalah Bapak Pinus Alolang (53) mengungkapkan rasa terima kasihnya kepada personel Pos Kuler yang telah mengadakan kegiatan yang dapat membantu meringankan beban mereka.

“Abang-abang dari pos sangat membantu kesulitan kami disini warga perbatasan, kitorang sangat terharu sekali atas kebaikan-kebaikan abang-abang semua. Semoga Tuhan yang akan membalasnya,” ucapnya.[redaksi]