Satgas Satuan Organik Yonif Raider 301/PKS, Bersama Elemen Masyarakat Semarakkan Hari Kesehatan Nasional

23

ILU, PapuaSatu.com – Kesehatan merupakan hal penting bagi kehidupan manusia yang harus dijaga setiap hari. Berbagai cara yang dilakukan oleh manusia untuk menjaga kesehatan tubuhnya yaitu dengan cara mengkonsumsi makanan sehat, serta dengan cara berolahraga secara teratur. Penyakit jantung masih menjadi penyebab utama kematian di Indonesia.

Peringatan HUT Hari Kesehatan Nasional (HKN) ke-58 jatuh pada hari Sabtu 12 November 2022, dan sudah diperingati sejak tahun 1964.

Peringatan HUT HKN ke-58 yang diselenggarakan oleh Puskesmas ILU, dihadiri oleh Dansatgas Satuan Organik Yonif Raider 301/Pks Letkol Inf Mohammad Syaifuddin Fanany S.H., M.I.P. Wadansatgas Satuan Organik Yonif Raider 301/Pks Mayor Inf Heri Andy Nova Sirait, Pa Staf Satgas, Danposramil ILU Lettu Inf Yusmanto. Danramil ILU Kapten Chk Heri, Kapolsek ILU Ipda Yanto Swabra dan beberapa elemen masyarakat di Distrik ILU Kabupaten Puncak Jaya. Senin (14/11/2022).

Acara diawali dengan sambutan dari Kepala Puskesmas ILU (Natius Kogoya, Amd.Kep.) Sambutan Bapak Nelson (perwakilan Dinas Kesehatan Mulia Kab. Puncak Jaya) selanjutnya pelaksanaan jalan sehat dengan rute, Puskesmas lama ILU, Ujung Bandara, Pertigaan Lambo dan berakhir di Puskesmas Baru ILU, dilanjutkan senam jantung sehat, pemberian doorprize, dan diakhiri dengan screening Diabetes, HIV dan Hipertensi.

Dansatgas satuan Organik Yonif Raider 301/Pks Letkol Inf Mohammad Syaifuddin Fanany S.H., M.I.P mengatakan, bahwa jantung merupakan organ vital penting dan esensial. Fungsinya mempengaruhi hampir seluruh organ tubuh yang lain.

“Jika kita mempunyai permasalahan pada jantung maka kelangsungan hidup kita juga akan terancam. Oleh karena itu, penting untuk menjaga kesehatan jantung untuk hidup yang lebih berkualitas,” tuturnya.

Dansatgas menambahkan, berdasarkan Global Burden of Disease dan Institute for Health Metrics and Evaluation (IHME) 2014-2019 penyakit jantung menjadi penyebab kematian tertinggi di Indonesia.

“Gaya hidup tidak sehat menjadi penyebab paling umum dari penyakit jantung koroner diusia muda. Masyarakat dihimbau untuk menerapkan pola hidup bersih dan sehat, berhenti merokok, hindari makanan berlemak, berhenti konsumsi alkohol, dan rajin olahraga minimal 30 menit sehari,” tegas Letkol Inf Mohammad Syaifuddin Fanany.

Sementara itu, Kepala Puskesmas ILU Natius Kogoya, Amd.Kep. mengucapkan terima kasih yang sebesar-besarnya kepada Satgas Satuan Organik Yonif Raider 301/Pks yang telah menyempatkan hadir dan meramaikan kegiatan sehingga kegiatan berjalan dengan aman dan lancar.

“Terima kasih TNI, Tuhan Memberkati,” ujar Kepala Puskesmas ILU.[redaksi]