Selain Meriahkan Haornas tahun 2022, Dispora Papua Barat Promosikan Cabor Domino

MANOKWARI, PapuaSatu.com – Dinas Pemuda dan Olahraga (Dispora) Provinsi Papua Barat melaksanakan perlombaan Domino, dalam rangka menutup rangkaian kegiatan Hari Olahraga Nasional (Haornas) pada bulan September 2022.

Pertandingan domino atau gaplek yang diikuti puluhan peserta itu dilaksanakan di Kantor Dispora Provinsi sekira pukul 10.00 WIT, dan dihadiri sejumlah pejabat dispora, pegawai negeri sipil (PNS) dilingkup pemprov, dan warga.

Kepala Dispora Provinsi Papua Barat melalui Sekretarisnya, Lairama mengapresiasi pertandingan domino yang diselenggarakan Bidang Pembudayaan dan Olahraga.

Permainan Domino ini akan dimasukan sebagai salah satu cabang olahraga (Cabor) di Pekan Olahraga Nasional (PON), maka tentunya perlombaan tersebut merupakan promosi.

“Domino ini betul-betul merupakan olahraga masyarakat, tapi juga gaplek adalah olahraga pemersatu,”ujar Sekretaris Dispora Provinsi Papua Barat, Lairama dalam sambutannya, Jumat (30/09/2022).

Ketua Panitia Haornas Provinsi Papua Barat tahun 2022, Imanuel Gefilem menyampaikan, bahwa untuk menutupi  kemeriahaan Haornas tahun 2022 di Papua Barat, Dispora bekerjasama dengan Persatuan Olahraga Domino (PORDI) untuk melaksanaka perlombaan Domino.

“Domino direncanakan akan di pertandingkan juga di PON. Jadi sekaligus kami juga mempromosikan,”kata Imanuel Gefilem.

Dia menjelasakan, Domino atau gaplek adalah cabor yang sangat populer di kalangan masyarakat, bahkan bisa dikatogorikan cabor tradisional.

Maka lanjut dia, dalam perlombaan yang dilaksanakan selama sehari, pesertanya bukan saja dari pegawai, tetapi juga melibatkan masyarakat.

“Ada peserta dari beberapa SKPD di lingkup Pemprov, masyarakat disekitar kota manokwari diantaranya kompleks sanggeng dan wirsi,”rincinya.

Selain pemberian hadiah bagi pemenang lomba domino, Gefilem mengatakan, pihaknya (dispora-red) memberikan dorparais bagi para pemenang lomba.

Dalam kesempatan ini, Imanuel Gefilem yang juga merupakan Kepala Bidang Pembudayaan dan Olahraga Dispora provinsi Papua Barat menyampaikan terimakasi kepada Pj Gubernur, yang telah memberikan dukungan.

Sehingga pelaksanaan penutupan dan syukuran Haornas tahun 2022, dapat berjalan secara baik.[free]