Selain PP 49 Tahun 2018, PT TASPEN (Persero) Sosialisasikan Program Ketaspenan

508

JAYAPURA, PapuaSatu.com – PT Taspen (Persero) melakukan sosialisasi PP 49 Tahun 2018 dan ketaspenan tentang Manajemen Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (P3K), Program Taspen Save dan Taspen Loyalty.

Sosialisasi tersebut dihadiri oleh 100 orang pimpinan OPD dan sekretaris di lingkungan pemerintah Kota Jayapura karena PT Taspen (Persero) adalah salah satu BUMN yang mengelola jaminan sosial ASN, P3K, Pejabat Negara dan non ASN di instansi pemerintahan.

Selain jaminan P3K, produk Taspen juga menjadikan tenaga honorer sebagai sasaran. ” pegawai honorer kini dapat bekerja dengan mendapat JKK dan JKM sebagaimana diatur dalam Peraturan Direksi No. 33 tahun 2018, diharapkan ada partisipasi aktif di dalamnya,” kata Kepala PT Taspen (Persero) KC Jayapura Oktrizal AZ, SE, Selasa (26/3/2019).

Dalam kegiatan ini Oktrizal beserta team Taspen membeberkan ketaspenan antara lain: Taspen yang saat ini  telah dirasakan oleh para peserta ASN, yang diantaranya Program Tabungan Hari Tua (THT), Program Pensiun, Program Jaminan Kecelakaan Kerja (JKK) serta Program Jaminan Kematian (JKM).

Dalam PP 49 tahun 2018 : Peraturan Pemerintah tersebut maka seluruh pegawai PPPK seharusnya terdaftar ke PT Taspen (Persero) untuk mendapatkan Jaminan Sosial berupa JKK dan JKM, dan seluruh pegawai PPPK wajib juga mengetahui hak dan kewajibannya terkait keikutsertaan dalam program-program yang diberikan.

Taspen Save : PT Asuransi Jiwa Taspen Life yang diperuntukkan sebagai tabungan pendamping THT Taspen karena pencairannya akan diterima bersamaan ketika ASN memasuki masa pensiun tanpa pengajuan berkas lagi ke Taspen Life. Jadi, ketika ASN melakukan klaim Pensiun dan THT ke Taspen, maka secara otomatis manfaat Taspen Save juga akan diterima.

Taspen loyalty: Taspen Loyalty merupakan program terbaru yang baru dijalankan dan Taspen bekerja sama dengan BUMN yang lain itu PT. Telkom dan PT. Garuda yang baru dilaunching Maret 2019, peserta Taspen mendapatkan potongan sebesar 30% setiap bulan atas tagihan pemakaian Indihome, sedangkan dari PT. Garuda memberikan potongan harga untuk paket haji khusus, paket umroh atau paket tour inbound dan outbound.

Sementara itu, Assisten II Bidang Perekonomian dan Pembangunan, Drs Nurjainuddin Konu beeharap ada perwakilam dari setiap dinas agar dapat menerima dan mensosialisasikan Program taspen dan menyampaikan pada dinas masing-masing.

Ia berharpa seluruk P3K bisa terdaftar di PT Taspen (Persero) mendapat jaminan sosial berupa Jaminan Kecelakaan Kerja (JKK), Jaminan Kematian (JKM), serta mengetahui dan memahami hak dan kewajibannya program untuk di sampaikan pada dinas masing-masing. “Seluruh Program baru Taspen Kurang lebihnya membawa banyak keuntungan bagi kita,” tukasnya.[ayu]