Selasa, PJ Bupati Jayapura Bakal Resmikan Sejumlah Infrastruktur Telekomunikasi

24

SENTANI, PapuaSatu.com – Hari Selasa (18 April 2023), Penjabat (PJ) Bupati Kabupaten Jayapura, Triwarno Purnomo, STP.,M.Si akan meresmikan sejumlah infrastruktur telekomunikasi, yakni Base Transceiver Station (BTS) non-3T (Terluar, Terpencil dan Tertinggal) di Distrik Demta, Kabupaten Jayapura.

Adapun Tower BTS yang akan diresmikan berada di 5 kampung sudah terbangun Telkomsel, yakni kampung Muaif dan Kampung Kamdera (Distrik Demta), Kampung Beneik dan Kampung Guyard (Distrik Unurum Guay), dan Kampung Skoaim (Distrik Kemtuk).

Selain 5 kampung yang sudah terbangun, masih ada 6 kampung lagi yang akan dilanjutkan pembangunan oleh pihak Telkomsel.

“Persiapan teknisnya sudah dilakukan untuk Peresmian BTS oleh Bapak Pj. Bupati Jayapura yang akan dipusatkan di Kampung Kamdera/Tarfia Distrik Demta pada Hari Selasa tanggal 18 April dengan melibatkan semua stakeholder terkait di pemerintahan distrik dan kampung,” ujar Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Kabupaten Jayapura, Gustaf Griapon, S.T, M,.Sos dalam rilisnya kepada Media, Minggu (16/4).

Dijelaskan, Kabupaten Jayapura Kabupaten Jayapura mendapatkan alokasi 20 unit tower BTS bantuan dari Dirjen Pos dan Informatika, Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemenkominfo) pada tahun 2022.

Sebanyak 20 Tower BTS non 3T ini dikerjakan oleh dua operator seluler yakni Telkomsel lewat mitranya PT. Daya Mitra Tel dan satunya lagi dikerjakan oleh Indosat lewat mitranya PT. Protelindo.

“Telkomsel mengerjakan 11 tower sedangkan 9 tower dikerjakan oleh Indosat,” jelasnya.

Dari 11 Tower BTS yang dikerjakan Telkomsel terletak di kampung Muaif Distrik Demta, Kampung Kamdera Distrik Demta, Kampung Beneik Distrik Unurum Guay, Kampung Guyard Distrik Unurum Guay, Kampung Skoaim Distrik Kemtuk, Kampung Hyansip Distrik Kemtuk Gresi, Kampung Hulu Atas Distrik Airu, Kampung Naira Distrik Airu, Kampung Omon Distrik Gresi Selatan, Kampung Umbron Distrik Kaureh, Kampun Yadau Distrik Kaureh.

Sementara 9 tower BTS yang dibangun operator Indosat, meliputi Kampung Khameyoka/Skoaim Distrik Kemtuk, Kampung Benggwin Progo Distrik Kemtuk, Kampung Sekori/Sabeyab kecil Distrik Kemtuk, Kampung Doromena Distrik Depapre, Kampung Yepase Distrik Depapre, Kampung Yongsu Sapari Distrik Ravenirara, Kampung Necheibe Distrik Ravenirara, Kampung Newa Ormuwari Distrik Ravenirara, Kampung Yongsu Desoyo Distrik Ravenirara.

“Untuk Indosat pembangunan sudah selesai dikerjakan dan Diskominfo Kabupaten Jayapura terus berkoordinasi untuk persiapan peresmiannya lagi,” kata Gustaf.

Selain meresmikan Tower BTS Non 3T di Distrik Demta, pada kesempatan tersebut Pj. Bupati juga menyaksiikan penandatanganan kerja sama operator seluler dengan penjaga tower BTS di 5 kampung dalam bentuk pemberian modal awal penjualan pulsa, demo penjualan pulsa sebagai tindaklanjut dari pelatihan yang sudah dilaksanakan sejak tanggal 5 April di kantor Papua Inti Seluler Sentani. Warga penjaga tower ini oleh pemerintah kabupaten jayapura melalui Diskominfo kerja sama dengan Telkomsel telah dilatih cara mempelajari aplikasi Digipos dan cara pengoperasiannya sekaligus mempraktekan cara penjualan pulsa.

Dengan adanya fasilitas layanan telekomunikasi di wilayah pembangunan pesisir pantai utara dapat meningkatkan pertumbuhan pembangunan dalam sektor apapun guna mendukung pembangunan di Kabupaten Jayapura.[yat]