Semangat Kesatuan Untuk Jaga Lingkungan, Astra Motor Papua Bersama Aktifis dan Wartawan Gelar Giat ESG

63

JAYAPURA, PapuaSatu.com – Dalam rangkaian kegiatan ESG (Eviromental, Social, Governance) yang sedang digaungkan oleh PT AHM dan PT Astra Motor, aksi pembersihan pantai Hamadi dan juga penanaman pohon bakau di kawasan Taman Wisata Alam Teluk Youtefa digelar Astra Motor Papua selaku main dealer sepeda motor Honda di Papua dan Papua Barat, Sabtu (29/6/24).

Dalam kegiatan yang diberi nama Green Kalcer, selain diikuti segenap pimpinan dan karyawan Astra Motor Papua, juga diikuti aktivis lingkungan dan para jurnalis di Kota Jayapura.

Nama Green Kalcer sendiri diambil dengan harapan agar Astra Motor Papua menyebarkan budaya menjaga dan merawat lingkungan agar lingkungan tetap hijau.

Marketing Manager Astra Motor Papua Elang Samodra sebagai perwakilan manajemen dalam kesempatan tersebut menjelaskan bahwa Astra Motor Papua bekerja sama dengan para aktivis lingkungan dan para wartawan dalam pelaksanaan kegiatan ini.

Keterlibatan para aktivis dan wartawan ini dimaksudkan sebagai semangat kesatuan untuk menjaga dan merawat lingkungan sekitar terutama di Jayapura.

“Kita hadir disini dalam visi yang sama yaitu untuk menjaga lingkungan kita terutama di Jayapura ini agar tetap bersih dan asri,” ungkap Elang.

Dengan semangat sinergi bagi negeri, pihaknya juga berharap dapat terus menjalin sinergi atau kerja sama dengan banyak pihak terkait untuk dapat menjaga dan melestarikan lingkungan kita.

“Sesuai dengan tagline kegiatan ini yaitu green kalcer, kami ingin agar lingkungan di sekitar kita tetap hijau dan terawat,” jelasnya.

Kegiatan Green Kalcer tersebut merupakan turunan dari campaign (kampanye) yang sedang digaungkan yaitu ‘ESG Mission, Engaging for The Future’.

Melalui kampanye ini Astra Motor Papua ingin menunjukkan kepedulian yang kuat terhadap lingkungan dengan mengadakan beberapa kegiatan yang melibatkan masyarakat untuk saling membantu dan mewujudkan keberlanjutan lingkungan.

Tidak hanya melalui kegiatan, hadirnya EV product terbaru Honda yaitu EM 1 e: juga merupakan bukti keseriusan AHM dan Astra Motor Papua dalam menjaga keberlangsungan lingkungan.

Penanaman pohon bakau di kawasan wisata hutan mangrove Teluk Youtefa

Dalam rangkaian kampanye ESG Mission ini, Astra Motor Papua telah melaksanakan beberapa kegiatan seperti jurnalis mengajar, kemudian kemarin beberapa rekan-rekan juga hadir dan menjadi peserta Uji Kompetensi Keahlian.

Oleh karena itu dalam kesempatan ini, Astra Motor Papua mengangkat issue lingkungan dengan pembersihan pantai yang dilanjutkan dengan penanaman tumbuhan bakau yang dapat menjadi penghasil oksigen dan penyerap karbondioksida, serta pencegah adanya abrasi.

“Harapan saya dengan kegiatan-kegiatan yang telah kita lakukan ini betul-betul dapat dirasakan oleh peserta kegiatan, maupun masyarakat sekitar,” harapnya.

Elang Samodra pun menyampaikan terima kasih kepada rekan-rekan penggiat lingkungan tim Rumah Bakau Jayapura yang telah membantu pihaknya dalam persiapan acara dan juga pada pelaksanaan kegiatan ini.

“Akhir kata, Warisan paling istimewa untuk generasi berikutnya adalah lingkungan yang lestari dan terjaga,” pungkasnya.

Gamel Naser, selaku aktifis lingkungan selaku pendiri Rumah Bakau di Kota Jayapura, menyampaikan terima kasihnya atas  kepedulian Astra Motor Papua dengan turun langsung

“Terima kasih kepada Astra Motor Papua yang sudah mau turun langsung merasakan lembutnya lumpur-lumpur bakau,” ungkapnya.

Dikatakan, lokasi penanaman adalah termasuk hutan adat yang terdapat tempat yang tidak boleh laki-laki masuk, karena dikhususkan bagi perempuan atau mama-mama dari masyarakat setempat dalam beraktifitas mencari kerang untuk dikonsumsi ataupun untuk dijual.[yat]