Senat Uncen Buka Pendaftaran Calon Rektor

67

JAYAPURA, PapuaSatu.com – Senat Universitas Cenderawasih (Uncen) Jayapura Papua segera melaksanakan Pemilihan Rektor Uncen Periode 2023-2027. Berkenaan dengan itu Panitia Pemilihan Rektor Uncen menggelar Konfrensi Pers terkait Pemilihan Rektor Uncen, bertempat di Ruang Rapat Lantai 3 Rektorat Uncen, Kamp Wolker Waena, Kota Jayapura, Jumat (23/6/2023).

Ketua Panitia Dr. Hans Z. Kaiwai, SE., M.Sc. Agr, menjelaskan pemilihan rektor dilakukan karena adanya kekosongan pasca Rektor Uncen periode 2021-2025, Dr. Ir. Apolo Safanpo, ST., MT diangkat menjadi Staf Ahli Mendagri Bidang Pemerintahan dan kini menjabat sebagai Penjabat Gubernur Papua Selatan.

“Selanjutnya, Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi Republik Indonesia memberhentikan yang bersangkutan dan mengangkat Pembantu Rektor I Dr. Oscar Oswald Wambrauw, SE., M.Sc., Agr menjadi rektor untuk menjabat selama setahun mempersiapkan pemilihan rektor baru,” kata Ketua Panitia Hans Kaiwai.

Dikatakan, pemilihan Rektor Uncen akan dilaksanakan berdasarkan Peraturan Senat Nomor 1 Tahun 2021 tentang Tata Cara Pemilihan Rektor Universitas Cenderawasih dan Keputusan Senat Nomor 1 Tahun 2023 tentang Jadwal Kegiatan Pemilihan Rektor Universitas Cenderawasih.

“Panitia akan melakukan empat tahapan yaitu Tahapan Penyaringan, Tahapan Penjaringan, Tahapan Pemilihan dan Tahapan Penetapan dan Pelantikan. Sesuai dengan jadwal yang ada kami akan membuka pendaftaran pada tanggal 24 sampai 30 Juni.

Dimana dalam Penjaringan ini Panitia harus mendapat setidaknya empat bakal calon,” ungkapnya.

Dijelaskan, tahapan kemudian dilanjutkan dengan Seleksi Administrasi Bakal Calon Rektor tanggal 28 Juni-14 Juli, kemudian Penetapan Penjaringan Bakal Calon Rektor dan Pengumuman Hasil Penjaringan Bakal Calon Rektor pada tanggal 17-19 Juli.

“Tanggal 20 Juli akan dilaksankanan Penyampaian Visi, Misi dan Program Kerja Bakal Calon sekaligus Penilaian dan Penetapan 3 Calon Rektor untuk selanjutnya mengikuti Pemilihan Calon Rektor dalam Rapat Senat Tertutup Pemilihan Calon Rektor pada tanggal 7 September 2023,” tambahnya.

Lebih lanjut, kata Hans, setelah Tahapan Pemilihan dilakukan maka sudah ada Calon Rektor Terpilih yang kemudian akan dilaporkan kepada Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Mendikbudristek) RI untuk dilakukan Penetapan dan Pelantikan Rektor Uncen Periode 2023-2027.

“Kami juga akan membuat pengumuman kepada seluruh PNS Dosen di seluruh Indonesia yang memenuhi syarat untuk mendaftar sebagai Bakal Calon Rektor Universitas Cenderawasih, jadi kita membuka pendaftaran secara terbuka,” tegasnya.

Sebagai informasi, untuk Berkas Pendaftaran dapat diambil langsung di Sekretariat Panitia di Ruang Ketua Senat yang berada di Gedung Rektorat Uncen atau diunduh melalui website panitia (https://pilrek.uncen.ac.id), sedangkan pengembalian berkas bisa langsung ke sekretariat panitia atau melalui e-mail panitia di pilrek@uncen.ac.id.[ist]