Seorang Siswa SMP di Entrop Tertangkap Tangan Bawa Ganja Seberat 11 Gram

0
636

JAYAPURA, PapuaSatu.com – Seorang siswa SMP di Entrop berinisial JN tertangkap tangan membawa Narkotika jenis ganja seberat 11 gram yang dikemas dalam kantong plastik hitam ke sekolah.

Kepala Bidang Pencegahan dan Dayamas Badan Narkotika Nasional Provinsi Papua, Kasman, S.Pd, M.Pd saat dikonfirmasi, membenarkan teratangkapnya salah seorang siswa SMP membawa daun ganja tersebut.  “Pelaku berininsial JN,” jelasnya.

Kasman menjelaskan, kronologi kejadian tersebut berawal, Jum’at (29/11) SN diajak oleh teman-temannya ke Hamadi Tanjung.

“Dia (SN) disuruh mengambil barang bukti berupa ganja, sementara keempat temannya memakai ganja di luar rumah. Hari sabtu malam juga JN menggunakan narkotika jenis ganja tersebut,” jelas Kasman, Senin (2/12/2019).

Lanjut Kasman, pada Minggu (1/12/2019),  JN tidak menggunakan ganja karena takut ketahuan orang tuanya sehingga membawanya ke sekolah. “Sampai di sekolah JN ketahuan membawa daun ganja sehingga melaporkan kepada guru, yang selanjutnya melaporkan ke kami di BNN,” ujarnya.

Dengan terungkapnya  kasus itu, Kasman memberikan apresiasi kepada pihak sekolah karena telah turut serta berpartisipasi aktif dalam upaya mencegah narkotika, dengan melaporkan kepada pihak terkait dalam hal ini adalah BNN melalui nomor pengaduan yang ada kemudian ditindaklanjuti laporan ataupun informasi tersebut.

Namun pihaknya, JN yang berusia 16 tahun tersebut akan direkomendasikan untuk menjalani rehabilitasi. “Proses rehabnya kemungkinan sekitar 1 bulan karena baru memakai ganja 2 kali. Kecuali kalau sudah dalam taraf ketergantungan berat ya bisa setahun,” tuturnya.

Sementara keempat teman JN, pihak BNN akan melakukan penyelidikan dan penyidikan. “Nanti  kita akan kami informasikan ketika ada hasil yang terbaru. Bila nanti terungkap maka kami akan proses, kami juga akan menelusuri kira-kira dapatnya dari mana,” tukasnya. [ayu]