Tampil dengan Mahkota Bulu Kasuari, Kontingen Pramuka Keerom Jadi Target Swafoto Warga

0
600
Caption : Kontingen Pramuka Keerom Papua saat berswafoto dengan warga yang turut hadir dalam upacara pembukaan KBN X 2019 di Kota Padang Panjang.
Caption : Kontingen Pramuka Keerom Papua saat berswafoto dengan warga yang turut hadir dalam upacara pembukaan KBN X 2019 di Kota Padang Panjang.

PADANG PANJANG, PapuaSatu.com – Kontingen Pramuka Keerom yang mewakili Provinsi Papua dalam ajang Kemah Budaya Nasional (KBN) ke X di kota Padang Panjang menjadi target swafoto bagi warga yang turut hadir dalam upacara pembukaan di GOR Chatib Soelaiman, pada Senin 26 Agustus 2019.

Tampil dengan mahkota bulu kasuari kontingen pramuka Keerom sebelumnya memang sudah mendapatkan sambutan hangat dari masyarakat. Saat perkenalan kontingen didalam upacara, standing ovation diberikan oleh masyarakat Sumatra Barat ketika nama kontingen Papua dan Papua Barat disebutkan.

“Senang banget kak. Sudah lama pengen foto dengan saudara kami dari Papua tapi baru sekarang bisa terjadi. Saya tunggu dipinggir lapangan sampai selesai upacara hanya untuk bisa foto,” ujar Ririn salah satu warga yang turut ber-swafoto bersama kontingen Keerom.

Menurut Ririn keunikan budaya Papua-lah yang menjadi daya tarik tersendiri baginya sehingga rela panas-panasan menunggu hanya untuk bisa foto bersama. Karena selama ini dirinya mengaku hanya bisa melihat kebudayaan provinsi paling timur Indonesia tersebut melalui televisi atau youtube.

“Pokoknya terbayar lunas kak capeknya menunggu. Adik-adik dari Papua juga ramah banget layani fotonya. Pokoknya cinta banget dengan Indonesia yang beragam budayanya,” ungkap Ririn.

Ketua Kwarcab Keerom, Drs Irwan, MMT ketika dimintai tanggapannya mengakui pihaknya sejak awal memang telah mempersiapkan kontingen Keerom dengan berbagai peralatan budaya Papua. Hal ini sebagai tujuan melestarikan dan memperkenalkan budaya-budaya Papua yang memang memiliki keunikan dan nilai sejarah.

“Nanti kami juga akan tampilkan tarian dari Papua dalam KBN kali ini. Baju adat sudah kami siapkan, habis upacara ini adik-adik latihan lagi,” paparnya.

Sementara itu Bupati Keerom Muh. Markum yang juga menjadi target swafoto warga mengaku banga dengan antusias dan sambutan masyarakat Sumatera Barat terhadap kontingan pramuka Keerom.

“Tadi ketika kontingen kita lewat dan disebutkan namanya dan dapat tepuk tangan meriah saya terharu sekali karena provinsi lain tidak sehangat itu sambutannya. Terima kasih masyarakat Sumatera Barat,” papar Bupati. [alf]