Tanamkan Sikap Disiplin Babinsa Berlatih PBB Bersama Siswa SMPN 1 Waghete

15

TIGI, PapuaSatu.com – Babinsa Koramil 1703-02/Tigi melaksanakan pembinaan bela negara diikuti oleh 15 dari siswa SMPN 1 Waghete. bertempat di lapangan Apel Makoramil 1703-02/Tigi. Kampung Waghete 1, Distrik Tigi. Kab. Deiyai, Rabu (11/01/2023).

Babinsa Koramil 1703-02/Tigi Serma Suherman menyampaikan, latihan PBB guna memantapkan karakter bangsa dan pendidikan pendahuluan bela negara, agar para siswa mengerti tujuan latihan ini untuk menanamkan rasa tanggung jawab, cinta tanah air, pengamalan Pancasila dan UUD 45. Dengan cara ini diharapkan mereka akan makin mampu meningkatkan rasa nasionalisme, serta memiliki jiwa korsa, persatuan dan kesatuan dalam mendukung tugas sekolah.

Latihan yang diberikan Serka Suherman itu berupa latihan Peraturan Baris Berbaris (PBB), Peraturan Penghormatan dan Dasar-dasar Kedisiplinan serta latihan tata upacara bendera. Selain itu Serka Suherman juga mengisi mereka dengan pembekalan nilai-nilai pengamalan Pancasila dan sejarah perjuangan bangsa.

Dalam materi praktek, diawali dengan memberikan contoh gerakan agar dapat dilihat dan diikuti oleh seluruh siswa.

“Mami beri instruksi dan menilai gerakannya, jika masih salah akan kita koreksi dan diulangi lagi sampai benar, para siswa pun terlihat antusiasme dengan pelatihan yang diberikan oleh Babinsa. Saat pemberian teori mereka memperhatikan dengan seksama apa yang dijelaskan oleh Babinsa dan juga pada saat praktek mereka pun terlihat penuh bersemangat mengikuti gerakan demi gerakan yang dilatihkan,” pungkasnya.[redaksi]