Tanda Kedamaian, Ops Damai Cartenz Bersama Warga Mimika Gelar Upacara Bakar Batu

46

JAYAPURA, PapuaSatu.com – Operasi Damai Cartenz melalui Satgas Binmas Noken menggelar acara bakar batu bersama tokoh masyarakat dan tokoh adat serta warga di komplek Pasar Kampung Bintang Lima, Distrik Kwamki Narama, Kabupaten Mimika, Papua.

Kaops Damai Cartenz yang diwakili Waka Ops 1 Damai cartenz Kombes Pol. Bambang Widjanarko Baiin, S.I.K., M.Si., mengatakan, upacara bakar batu ini sebagai penanda bahwa situasi di seluruh wilayah Mimika, aman dan damai.

“Operasi Damai Cartenz adalah satuan tugas yang dibentuk oleh Pemerintah melalui Polri dengan tujuan meningkatkan kesejahteraan dan meningkatkan perekonomian masyarakat Papua, khususnya di Distrik Kwamki Narama,” ungkap Waka Ops 1 Damai Cartenz di lokasi, Sabtu (01/10/22).

Oleh karena itu, pada kesempatan yang baik ini Ops Damai Cartenz dapat berkumpul bersama merayakan acara bakar batu sebagai bukti kebersamaan serta keberhasilan dalam meningkatkan kesejahteraan di tengah masyarakat.

Lebih lanjut dikatakan, tahun lalu Binmas Noken juga telah membantu masyarakat setempat dalam peningkatan sektor peternakan, yaitu berupa pemberian dua ekor bibit hewan babi yang kini telah berhasil dikembangbiakan menjadi sepuluh ekor sehingga hasilnya dapat dirasakan langsung oleh keluarga dan warga sekitar.

“Biarlah momen yang baik ini menjadi suatu tanda komitmen bahwa kita semua adalah satu atau bersaudara, mari jaga wilayah ini dan kita bangun Papua yang damai dan maju dengan saling mengasihi,” tambahnya.

Di tempat yang sama, Kasatgas Binmas Ops Damai Cartenz Kombes Pol. Nanang Purnomo, S.H., M.H juga menyampaikan bahwa upacara bakar batu ini merupakan simbol kesederhanaan masyarakat Papua. Menggambarkan adanya persamaan hak, keadilan, kebersamaan, kekompakan, kejujuran, dan ketulusan, serta keikhlasan yang membawa pada perdamaian.

“Kegiatan ini merupakan wujud permintaan dari warga Kampung Bintang Lima di bawah pimpinan bapak Tonte Yanengga dan juga bentuk implementasi daripada program Komunikasi Tokoh Elite pengendali Kamtibmas (Koteka) yang menjadi wadah bagi Polri melalui Binmas Noken dalam membangun keharmonisan serta menyampaikan pesan-pesan Kamtibmas kepada masyarakat yang ada di Kampung Bintang Lima,” ucap Kasatgas Binmas.

Tak hanya Koteka, Kasastgas juga mengungkapkan bahwa Binmas Noken secara masif menggelar berbagai program diantarannya Kesejahteraan Untuk Anak Negeri (Kasuari), Kesehatan Lambang Diri Sehat-Guna (Keladi Sagu) serta Polisi Pergi Mengajar atau yang akrab disapa Si-ipar di berbagai wilayah yang ada di Papua.

Di lokasi, hadir juga Kapolres Mimika AKBP I Gede Putra, SH., S.I.K yang menyaksikan langsung prosesi Bakar Batu.

Diakhir kegiatan, Wakaoops 1 didampingi Kasatgas Binmas dan Kapolres Mimika juga turut memberikan bantuan sosial secara simbolis, yang diterima langsung oleh kepala Kampung Bintang Lima, Tonte Yanengga sebagai bentuk kebersamaan Polri dan masyarakat yang sudah terjalin baik selama ini.[yat]