Tertular dari PDP Yang Meninggal Dunia, Tiga Warga Pasar Lama Sentani Positif Covid-19

251
Juru Bicara Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Kabupaten Jayapura, dr. Khairul Lie

SENTANI, PapuaSatu.com – Setelah meninggalnya seorang wanita di Jalan Mambruk, Pasar Lama Sentani, yang berstatus Pasien Dalam Pengawasan (PDP) Covid-19, suaminya serta dua tetangganya diketahui terkonfirmasi positif terpapar Covid-19.

Hal itu diungkapkan Juru Bicara Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Kabupaten Jayapura, dr. Khairul Lie, Jumat (17/04/20) pukul 18.00 WIT, yang mengungkapkan bahwa ada penambahan tiga pasien yang terkonfirmasi positif Covid-19 di Kabupaten Jayapura.

Tiga Posistif baru tersebut semua beralamat di jalan Mambruk Pasar Lama Sentani, yaitu dengan kode Y63 (perempuan dewasa), kode Y65 (perempuan dewasa) dan satu lagi pasien dengan kode Y66 (suami PDP yang telah meningal di RS Dian Harapan Kota Jayapura).

“Setelah kami tracing, pasien Y63, adalah pasien yang pernah kontak erat dengan pasien PDP yang meninggal di RS Dian Harapan, Kota Jayapura,” ungkapnya.

Dikatakan, setelah dilakukan tracing (penelusuran), pasien Y65 merupakan tetangga dengan pasien PDP yang meninggal, dan diketahui pernah ngobrol dalam jarak dekat.

“Perkembangan pasien positif ini setelah ditelusuri terjadi semua di Jalan Mambruk Pasar Lama Sentani,” jeasnya.

Menyikapi situasi tersebut, kata Khairul Lie, Tim Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Kabupaten Jayapura terus berupaya melakukan tracing (penelusuran) terhadap orang-orang yang pernah melakukan kontak erat dengan pasien positif, PDP maupun ODP Covid-19 di Kabupaten Jayapura.

Selain itu, melalui Dinas Pemberdayaan Perempuan dan Anak Kabupaten Jayapura, Gugus Tugas juga terus mendistribusikan masker kain kepada warga di Kabupaten Jayapura.

Dalam kesempatan tersebut, Khairul Lie memaparkan infografis Covid-19 di Kabupaten Jayapura Hari Jumat (17/4/20) pukul 18.00 WIT, yang mengungkapkan bahwa secara komulatif jumlah pasien positif Covid 19 di Kabupaten Jayapura sebanyak 17 pasien.

Untuk pasien dalam pemantauan seluruhnya ada 39, dan yang masih dirawat ada 7 orang.

Orang dalam pemantauan ada 174, negative bertambah 5 menjadi 30,  dan yang sembuh tetap 4.[yat]