Tim DOB Tabi Saireri Percepat Wujudkan Provinsi Tabi Saireri

242
Bupati Jayapura, Mathius Awoitauw,SE,M.Si, bersama Walikota Jayapura, DR. Benhur Tomi Mano dan pimpinan daerah lain saat memimpin pertemuan FOB Tabi Saireri di Suni Garden Lake Hotel Sentani, Sabtu (14/03/20)

SENTANI, PapuaSatu.com – Guna mewujudkan terbentuknya provinsi baru yang terdiri atas kabupaten/kota di wilayah adat Tabi dan Sairesi, tim pembentukan Daerah Otonom Baru (DOB) Tabi Saireri mempercepat langkah guna mewujudkannya.
Salah satu langkah percepatan, Sabtu (14/3/20), tim yang dipimpin Bupati Jayapura, Mathius Awoitauw,SE,M.Si menggelar pertemuan di Suni Garden Lake Hotel Sentani, yang dihadiri Walikota Jayapura, DR. Benhur Tomi Mano, dan sejumlah unsure pimpinan daerah lain, termasuk pimpinan dewan di kabupaten/kota wilayah Tabi.
Mathius Awoitauw selaku pimpinan pertemuan tersebut mengungkapkan, tim mengagendakan untuk melanjutkan pembahasan pembentukan DOB Tabi Saireri pekan depan di wilayah Saireri, yaitu di Kabupaten Biak.
“Kami coba bicarakan untuk memantapkan langkah-langkah berikut terkait DOB Tabi Sareri,” ungkap Mathius Awoitau saat ditemui wartawan usai pertemuan, Sabtu (14/3/20).
Dikatakan, bahwa pemerintah pusat sudah lebih serius untuk adanya DOB, sehingga tim harus merapatkan barisan, dan terus menjalin serta kekompakan.
“Semua unsur yang ada di masyarakat semua harus kompak dan menyuarakan satu suara untuk percepatan DOB,” tandasnya.
Lanjutnya, tim kajian yang sudah ada juga dipercepat lagi untuk mempersiapkan Provinsi Tabi Saireri, baik dari sisi Sumber Daya Alam (SDA) maupun Sumber Daya Manusia (SDM).
“Karena SDA yang ada, kita ingin ini menjadi andalan untuk provinsi baru,” ujar Mathius Awoitauw.
Dikatakan, bahwa DOB Tabi Saireri dalam operasional pemerintahannya diharapkan bisa mensejahterakan masyarakatnya dengan SDA yang ada.
“Kita bukan mengandalkan dana Otsus saja, tapi bagaimana potensi ini membawa masyarakat sejahtera,” tandasnya.[yat]