Tingkatkan Kepatuhan Pada Protokol Kesehatan, Tim Gugus Tugas Covid-19 Kabupaten Jayapura Akan Dirikan Pos-Pos

0
107
Bupati Jayapura, Mathius Awoitauw yang juga Ketua Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Kabupaten Jayapura
Bupati Jayapura, Mathius Awoitauw yang juga Ketua Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Kabupaten Jayapura

SENTANI, PapuaSatu.com – Kedisiplinan masyarakat dalam mematuhi protocol kesehatan Covid-19 di Kabupaten Jayapura, terutama di Kota Sentani tampaknya mulai kendor.

Hal itu disikapi oleh Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Kabupaten Jayapura yang akan memperkektat penerapan protocol kesehatan oleh masyarakat, dengan mendirikan ataupun meningkatkan pengawasan melalui pos-pos di sejumlah tempat di jalan raya, yang akan ditempati personil gabungan TNI, Polri, dan Satpol PP.

Bupati Jayapura, Mathius Awoitauw yang juga Ketua Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Kabupaten Jayapura menegaskan, bahwa pengetatan penerapan protocol kesehatan tersebut semata untuk keselamatan warga agar terhindar dari virus korona.

“Jadi kita akan ketat. Ini bukan untuk siapa-siapa, ini untuk keselamatan rakyat itu sendiri juga,” ungkapnya saat ditemui wartawan di Aula Lantai Dua Kantor Bupati Jayapura, Gunung Merah Sentani, Kamis (15/7/20).

Ditegaskan, bahwa untuk penerapan protocol kesehatan oleh masyarakat  tidak boleh longgar.

“Kita malah harus lebih ketat, dua kali atau tiga kali kita tingkatkan,” tegasnya.

Disingung soal sanksi bagi pelanggar protocol kesehatan tersebut, Mathius Awoitauw mengungkapkan bahwa, bila diketahui ada pengusaha toko atau usaha lainnya yang tidak menerapkan protocol kesehatan akan diberi sanksi teguran dan tidak boleh beroperasi selama satu minggu.

Sedangkan untuk masyarakat yang keluar rumah atau di perjalanan kedapatan tidak menggunakan masker akan disuruh pulang.[yat]