Tingkatkan Keterampilan Karya Ilmiah Mahasiswa, Workshop Virtual Mendeley Digelar di Jayapura

Tangkapan layar zoom meeting workshop virtual mendeley yang diikuti total 305 peserta dari berbagai kampus, Rabu (20/9/2023)
Tangkapan layar zoom meeting workshop virtual mendeley yang diikuti total 305 peserta dari berbagai kampus, Rabu (20/9/2023)

JAYAPURA, PapuaSatu.com  РDalam meningkatkan keterampilan karya ilmiah mahasiswa, workshop virtual Mendeley dilaksanakan di Kota Jayapura Papua.

Workshop mendeley tersebut diinisiasikan oleh Universitas Sains dan Teknologi Jayapura (USTJ).

“Workshop Mendeley ini merupakan sebuah konsep kolaborasi ilmiah yang digagas oleh USTJ, Uncen dan Uniyap,” ujar Wakil Rektor III USTJ, Dr. M Rusdianto Abu, M.Si. kepada media di Jayapura, Rabu (20/9/2023).

Rusdianto mengatakan, tak hanya itu saja, pihaknya juga melibatkan perguruan tinggi dari berbagai daerah.

“Ini sangat luar biasa karena perlu kita berikan apresiasi yang tinggi kepada panitia yang punya ide hebat ini,” tandasnya.

Ia menyebutkan, workshop mendeley merupakan suatu terobosan baru di bidang IT, di mana kata mendeley adalah sebuah aplikasi yang dapat membantu mahasiswa dalam penyisipan, penulisan dan pemformatan sitase.

“Tentu dengan menggunakan mendeley, mahasiswa akan dimudahkan dalam penyusunan skripsi atau daftar pustaka yang mana penulisannya tidak perlu dibuat secara manual dan ribet,” ujarnya.

Ia menjelaskan, mendeley merupakan program komputer dan web yang dikembangkan oleh elsevier untuk mengelola berbagai makalah penelitian dan mencari data penelitian.

“Serta pula dapat berkolaborasi dengan para ilmuwan atau peneliti dalam sistem jaringan komputerisasi atas sebuah karya ilmiah yang dibuat,” katanya.

Dikatakannya, workshop mendeley tersebut sangatlah penting, maka tentu ia berharap seluruh peserta dapat mengikuti workshop itu dengan baik.

“Sehingga diharapkan mahasiswa dapat memahami dengan mudah proses penggunaan aplikasi mendeley ini secara komprehensif, dalam artian tuntas dan menyeluruh,” pungkasnya.

Sehingga dikatakannya, proses penyusunan skripsi, disertasi, tesis ataupun penelitian dapat terlaksana dengan baik, tepat waktu serta bisa dipertahankan dan dipertanggungjawabkan secara akademik.

Sekadar diketahui total peserta workshop mendeley ini berjumlah 305 orang dari berbagai kampus yang ada.[redaksi]