Tingkatkan Managemen Kehumasan, Kabid Humas Asistensi di Polres Merauke

Kabid Humas Polda Papua Kombes Pol Drs. Ahmad Musthofa Kamal, SH didampingi Kapolres Merauke AKBP Ir. Untung Sangaji, M. Hum saat memberikan materi pada asistensi bidang kehumasan di Aula Polres Merauke, Senin (23/5).
Kabid Humas Polda Papua Kombes Pol Drs. Ahmad Musthofa Kamal, SH didampingi Kapolres Merauke AKBP Ir. Untung Sangaji, M. Hum saat memberikan materi pada asistensi bidang kehumasan di Aula Polres Merauke, Senin (23/5).

JAYAPURA, PapuaSatu.com – Dalam rangka Peningkatan Managemen Kehumasan Polri pada Polres Merauke, Polres Boven Digoel dan Polres Mappi, Bidang Humas Polda Papua memggelar asistensi di Aula Polres Merauke, Senin (23/5).

Kegiatan tersebut dipimpin Kabid Humas Polda Papua Kombes Pol Drs. Ahmad Musthofa Kamal, SH didampingi Kapolres Merauke AKBP Ir. Untung Sangaji, M. Hum dengan dihadiri PJU Polres Merauke, Kasat Binmas Polres Boven Digoel, Kasubag Dalops Polres Boven Digoel dan Kasat intel, Kasubbag Dalops Polres Mappi dan anggota humas.

Kapolres Merauke pada kesempatannya menyampaikan selamat datang Bapak Kabid humas bersama Tim di Polres Merauke.

“Dapat kami laporkan bahwa situasi Kamtibmas Tahun ini di Wilayah Hukum Polres Merauke Kriminalnya turun drastis, namun masih menjadi perhatian khusus buat kami,” kata AKBP Untung.

Ia menambahkan semua tugas kepolisian di Polres Merauke sangat baik dibantu dengan Perwira, bintara dan seluruh masyarakat.

“Fungsi Humas ini mengakomodir semua kegiatan yang dilakukan oleh setiap fungsi kepolisian melalui Humas pemberitaan akan diekspos ke Media Sosial,” tandasnya.

Sementara itu, Kepala Bidang Humas Polda Papua mengatakan kami di Polda Papua selalu monitor karya- karya pak kapolres yang sudah meningkat serta sangat memperhatikan masyarakat Kabupaten Merauke.

“Pergantian pejabat daeah akan berimbas pada situasi politik dan ekonomi di daerah, Peran Kasat Intel harus lebih meningkatkan deteksi dini” kata Kabid Humas.

Ia menambahkan, bahwa Bidang Humas Kepolisian ini sangat penting di setiap organisasi, agar pemberitaan dan kegiatan Kepolisian dapat dilihat dan terekspos oleh masyarakat.

“Humas sebagai pendukung fungsi utama yang mana bermain di dunia maya untuk memposting dan meningkatkan kegiatan kepolisian,” ungkap Kombes Polisi Ahmad Musthofa Kamal.

Lanjut Kabid Humas, melalui program presisi Kapolri, Divisi Humas Polri dan Bidang Humas Polda Papua telah melakukan trasnformasi pelayanan Publik berupa pemantapan komunikasi Publik melalui digitalisasi pengelolaan informasi, peningkatan kerjasama dengan sejumlah kantor media serta pemanfaatan broadcasting melalui Polri, TV dan Radio.

“Oleh karena itu bagaimana Humas Polri ini mampu mendorong kinerja para pejabat yang ada di seluruh Divisi Mabes maupun di seluruh jajaran Polda. Sehingga dapat mengelola manajemen media ini dengan baik sehingga isu-isu yang didapatkan tentang kinerja Kepolisian, tentang perbuatan Polisi yang baik dapat diketahui,” jelas Kabid Humas.

Kabid Humas melanjutkan, tujuannya dari berita tersebut adalah memberikan opini baik negatif maupun positif bagi masyarakat sehingga membentuk suatu opini publik yang dapat berdampak pada gangguan Kamtibmas diberbagai daerah khususnya di Papua.

“Masyarakat akan tahu apa yang dikerjakan oleh anggota Polri melalui fungsi kehumasan dimana personel humas memiliki kemampuan dalam pembuatan berita, konten kreatif dan lainnya,” lanjutnya.

Kemampuan inilah yang harus diketahui oleh seluruh personel khususnya di Polres muntuk dipublikasikan dengan berkolaborasi dengan fungsi lainnya seperti Sabhara, Lantas dan Binmas dalam memberikan pelayanan kepada masyarakat.[yat]