Tingkatkan Pengetahuan Potensi SAR, SAR Jayapura Gelar Pelatihan Water Rescue

Suasana pelatihan potensi SAR Jayapura di Kantor SAR Jayapura Sentani, Selasa (6/4)

SENTANI, PapuaSatu.com – Sebanyak 50 orang peserta yang berasal dari TNI/Polri, Satpol-PP, petugas Pemadam Kebakaran (Damkar) serta potensi SAR dari organisasi masyarakat yang ada di Kabupaten Jayapura mengikuti pelatihan potensi SAR tekni pertolongan di permukaan air (water rescue) itu dibuka langsung oleh Wakil Bupati Jayapura Giri Wijayantoro bertempat di Kantor Pencarian dan Pertolongan Klas A Jayapura, Selasa (6/4/2021) pagi.

Pelatihan yang dibuka oleh Wakil Bupati Jayapura ini dihadiri oleh Kepala Kantor Pencarian dan Pertolongan Klas A Jayapura Sunarto dan unsur Forkompimda Kabupaten Jayapura.

Kegiatan pelatihan yang diikuti 50 orang peserta potensi SAR ini akan dibagi menjadi dua kelompok dan masing-masing kelompok terdiri atas 25 orang. Selain itu, materi yang diberikan dalam pelatihan ini terdiri dari teori dan praktik.

Demikian dikatakan Kepala Kantor SAR Klas A Jayapura Sunarto ketika dikonfirmasi wartawan usai pembukaan pelatihan Potensi SAR, Selasa (6/4/2021).

“Jadi pelatihan ini merupakan program kerja dari Kantor Pencarian dan Pertolongan Klas A Jayapura,” ujarnya.

Lanjut Sunarto, tujuannya adalah untuk meningkatkan atau memberi pengetahuan kepada instansi potensi SAR berkaitan dengan teknik pertolongan di permukaan air. Diharapkan, dalam pelaksanaanya sewaktu-waktu terjadi bencana atau operasi SAR dapat bersinergi bersama-sama untuk melakukan pertolongan.

“Ini gabungan dari organisasi masyarakat, TNI-POLRI, Satpol PP dan petugas pemadam kebakaran juga ada,” bebernya.

Sebelumnya, Wakil Bupati Jayapura Giri Wijayantoro dalam sambutannya berharap dengan adanya pelatihan bersama yang dilakukan oleh pihak Kantor Pencarian dan Pertolongan Jayapura itu bisa menjalin hubungan baik dan kekompakan di antara para potensi SAR.

“Selain itu, kita harap mereka juga bisa mengerti bagaimana teknik-teknik menolong korban saat terjadi bencana,” ujarnya.[yat]