Tokoh Adat Barmani Byak Studi Banding Kampung Adat di Kabupaten Jayapura

16
Para tokoh adat Barmani, Byak Saireri saat berdialog dengan Pemerintah Kabupaten Jayapura dalam studi banding tentang kampung adat
Para tokoh adat Barmani, Byak Saireri saat berdialog dengan Pemerintah Kabupaten Jayapura dalam studi banding tentang kampung adat

SENTANI, PapuaSatu.com – Pembentukan Kampung Adat di Kabupaten Jayapura menjadi contoh bagi wilayah lain.

Kali ini, para tokoh adat Barmani, Byak Saireri yang tertarik untuk mempelajari pembentukan Kampung Adat sebagai program unggulan pemerintah Kabupaten Jayapura dalam memberdayakan pemerintahan adat di wilayahnya.

Pada Senin (1/8/22), sekitar 20 tokoh adat pun datang ke Kantor Bupati Jayapura untuk berdialog dengna Pemerintah Kabupaten Jayapura.

Wakil Bupati Jayapura, Giri Wijayantoro didamping Sekda Kabupaten Jayapura, Ny. Hanna S. Hikoyabi yang menerima kunjungan tersebut di ruang VIP Kantor Bupati Jayapura, menyerahkan sejumlah dokumentasi berupa buku dan video CD yang berisikan seputar pembentukan Kampung Adat di Kabupaten Jayapura kepada delegasi Pemerintahan Adat Barmani, Byak Saireri, di Ruang VIP Kantor Bupati Jayapura, Gunung Merah, Sentani, Senin (1/8/22).

Wakil Bupati Giri mengungkapkan bahwa kehadiran para tokoh adat Barmani Byak Saireri tersebut juga diharapkan dapat mempererat hubungan kekeluargaan.

“Saya berharap bisa memperkokoh dalam melihat energi positif yang datang ke Tanah Papua, dan kita bisa bergandengan tangan untuk membangun tanah Papua,” ungkapnya saat ditemui wartawan di kantornya, Senin (1/8/22).

Dikatakan, pemerintah Kabupaten Jayapura juga terbuka kepada pihak manapun, terutama para tokoh adat untuk bisa melihat bagaimana pbentukan kampung adat di Kabupaten Jayapura.

Yang mana, pemerintahan adat di sejumlah kampung yang telah ditentukan sebagai percontohan, telah sah diakui oleh negara.

Dengan demikian, kedudukannya setara dengan pemerintahan kampung atau kelurahan, sehingga bisa mengelola anggaran negara yang turun ke kampung atau kelurahan.[Yat]