Tokoh Adat Papua Imbau Masyarakat Jaga Persatuan dan Kesatuan Bangsa

0
152
Ramses Ohee

JAYAPURA, PapuaSatu.com – Tokoh Adat Papua, Ramses Ohee meminta masyarakat di seluruh Papua maupun di seluruh Indonesia pada umumnya, agar tetap menjaga persatuan dan kesatuan bangsa.

Hal itu setelah mencermati situasi yang berkembang dalam beberapa hari terakhir di Papua, yakni aksi-aksi demo yang terkait dengan kejadian di Surabaya dan Malang.

“Sebagai anak bangsa, kita harus tetap menjaga keamanan dan ketertiban dimana saja kita berada baik itu Papua maupun luar Papua dalam bingkai Negara Kesatuan Republik Indonesia,” ungkapnya dalam.keterangan persnya, Jumat (23/8/19).

Terkait aspirasi yang disampaikan oleh masyarakat dan mahasiswa melalui demo damai di Kantor Gubernur, kata Ramses Ohee, telah diterima oleh Gubernur Papua dan akan diteruskan ke pemerintah pusat.

“Maka itu, kita harus tetap menjaga persatuan dan kesatuan bangsa dengan tidak mudah terprovokasi oleh pihak-pihak yang tidak bertanggung jawab yang memanfaatkan situasi untuk mengganggu stabilitas keamaan di Negara kita,” imbaunya.

Karena itu, Ramses Ohee minta semua pihak dapat mempercayakan proses hukum terhadap para pelaku penyebar hoax dan provokator kepada pihak keamanan dalam hal ini Kepolisian.

“Kita harus mendukung setiap proses dan penegakan hukum yang dilakukan kepolisian,” ujarnya.

Ramses Ohee juga meminta kepada warga Nusantara untuk tetap tenang dan tidak usah takut melakukan aktifitas.

“Mari kita bangun Tanah Papua ini bersama-sama untuk mewujudkan Papua yang aman dan damai,” ajaknya.

Dan bagi anak-anak Papua yang sedang menempuh pendidikan di luar, Ramses Ohee meminta agar bisa saling menghargai budaya masing-masing, sehingga terjalin kebersamaan antara anak bangsa.

“Kita yakin dan percaya bahwa tanah Papua adalah tanah yang diberkati, mari kita saling menghargai suku, ras dan agama untuk terciptanya Papua yang aman dan damai sehingga pembangunan dapat berjalan dengan baik,” pungkasnya.[yat]