Tonny Wanggai: Mari Hargai Proses Hukum Gubernur Papua

JAYAPURA, PapuaSatu.com – Tokoh Agama Ustadz Tonny Wanggai menilai langkah pendekatan yang dilakukan Komisi Pemberantasan Korupsi kepada Gubernur Papua Lukas Enembe sangat tepat.

“Pendekatan kepada Gubernur Papua yang dilakukan Ketua KPK sangat baik, karena langkah itu salah satu cara untuk menjaga stabilitas di Papua,” ujar Tonny Wanggai di Jayapura, Kamis (10/11) siang.

Dia pun memberikan apresiasi soal pernyataan Ketua KPK Firli Bahuri yang mengedepankan hak asasi manusia terkait kondisi kesehatan Gubernur Papua.

“Ya langkah pengendapan hak asasi menjadi kunci utama pendekatan di Papua dan ini harus dicontoh,” ucapnya.

Meski langkah pendekatan dilakukan, namun proses hukum pastinya tetap berjalan sesuai prosedur dan aturan yang berlaku.

“Ya proses pastinya tetap jalan, namun saya tidak bisa bicara sampai ke arah sana. Salah benarnya biar pengadilan yang menentukan,” bebernya.

Di samping itu, Tonny meminta kepada masyarakat termasuk massa simpatisan Gubernur Papua untuk tidak terprovokasi dengan isu-isu yang bisa mengganggu keamanan.

“Biar pengadilan yang menentukan. Kita sebagai warga negara wajib menghargai proses yang berlaku, terutama menjaga keamanan demi kenyamanan bersama aparat kepolisian dan TNI,” tegasnya.[redaksi]