Tradisi Bakar Batu Satgas 303 Bersama Masyarakat Dambet Sambut Tahun Baru 2023

10

ILAGA UTARA, PapuaSatu.com – Mengawali tahun baru 2023, Satgas Satuan Organik Yonif R 303/SSM gelar Tradisi bakar batu sebagai ucap syukur, sekaligus sebagai wujud kedekatan TNI dan masyarakat di Kampung Dambet, Distrik Ilaga Utara Kabupaten Puncak Papua, Kamis (5/1/2023).

Seperti diungkapkan Danpos Dambet Lettu Inf Adi N bahwa penyelenggaraan acara bakar batu tersebut merupakan wujud kedekatan dan kebersamaan TNI dengan masyarakat di Kampung Dambet.

“Hari ini kita semua, mulai dari anak-anak, pemuda hingga tokoh agama dan tokoh adat hadir dalam pesta bakar batu ini berkumpul sebagai wujud kebersamaan dan kedekatan kami personel Satgas. Selama ini kami dengan masyarakat kampung telah terjalin hubungan yang baik, pesta bakar batu ini menjadi salah satu wujud syukur kepada Tuhan. Sekaligus menyambut datangnya bulan Januari sebagai pertanda Tahun Baru, dengan membawa banyak harapan yang baru,” ungkap Danpos.

Kegiatan pesta bakar batu dapat terwujud karena hubungan komunikasi yang baik antar bapak Nemame Kiwak (48) selaku Kepala Suku Dambent bersama TNI.

Terdapat 4 ekor babi, 6 ekor ayam, sayuran-sayuran, ubi dan petatas serta berbagai kebutuhan lainnya semua dibakar di dalam tumpukan batu, kemudian dimakan bersama-sama.

“Tidak ada maksud lain dalam acara bakar batu ini. Tidak lain sebagai ucapan syukur dan merupakan salah satu bentuk adat yang memiliki makna perayaan, dimana dalam hal ini acara bakar batu tersebut merayakan kebersamaan serta kepedulian antar TNI dengan seluruh elemen masyarakat mulai dari tokoh-tokoh hingga seluruh masyarakat yang ada,” kata Danpos.

“Saya berharap setelah penyelenggaraan bakar batu kedekatan Satgas 303 dengan masyarakat semakin erat, dimana komunikasi antar seluruh masyarakat dengan Satgas TNI sangat berpengaruh dalam menjaga situasi Keamanan yang ada khususnya di Kabupaten Puncak Papua tetap aman dan kondusif,” pungkasnya.

Sementara itu, Nemame Kiwak (48) menyampaikan rasa terimakasihnya kepada Satgas 303 Pos Dambet.

“Terimakasih kepada Satgas 303 dan semua pimpinannya. Saya juga berterimakasih atas hubungan yang baik selama ini, semoga ini dapat terus berlanjut,” ujar Kepala Suku Dambet.[redaksi]