Wakil Bupati Jayapura Tekankan Semua Pihak Punya Semangat Cegah Korupsi

0
109
Wakil Bupati Jayapura, Giri Wijayantoro (kiri) dan Kapolres Jayapura, AKBP Victor Dean Macbon (kanan)

SENTANI, PapuaSatu.com – Sebagai upaya memberantas terjadinya korupsi di lingkungan pemerintahan, Wakil Bupati Jayapura, Giri Wijayantoro, berharap semua pihak miliki semangat untuk melakukan pencegahan.

Di lingkungan pemerintah Kabipaten Jayapura sendiri, kata Wabup Giri, pencapaian opini WTP lima kali berturut-turut sebagai salah satu indikatornya.

“Di instansi lain juga harus punya semangat yang luar biasa untuk bagaimana kita mencegah,” ungkapnya saat ditemui wartawan di Pengadilan Agama Sentani, Kamis (30/01/20).

Pencegahan tindak pidana korupsi, diibaratkannya selayaknya pencegahan terjadinya luka di tubuh, yang meski bisa diobati tetap ada bekasnya.

“Kalau boleh enggak harus luka, supaya tidak ada yang diobati, dan tidak ada yang membekas. Mudah-mudahan kebaikan-kebaikan saja yang membekas,” ujar Wabup Giri.

Terkait tindak pidana korupsi di Kabupaten Jayapura sebagai wilayah hukum Polres Jayapura, kata Kapolres Jayapura, AKBP Victor Dean Macbon, bahwa di Tahun 2019 lalu pihaknya menangani dua kasus terkait penggunaan dana desa atau dana kampung.

“Yang kita konsen tentunya terkait penggunaan dana yang ada di desa,” ungkapnya saat ditemui wartawan di Sentani, Kamis (30/01/20).

Selain itu, pihak kepolisian juga menjadikan layanan di pemerintahan, terutama terkait pengadaan barang dan jasa juga menjadi target dalam upaya pemberantasan tindak pidana korupsi.

Tetapi dalam penegakan hukum ini, kan sudah ada petunjuk, bahwa langkah-langkah yang dilakukan bisa tidak langsung berupa penegakan hukum.

“Juga bisa lewat inspektorat, kemudian dari inspektorat itu ada SOP (Dtandar Operation Procedure) yang harus kita laksanakan. Sehingga pada saat dilakukan penegakan hukum semua langkah-langkah itu sudah dilakukan,” ujar Kapolres.

Sehingga, jelasnya lebih lanjut, bahwa dalam proses penyelidikan dan penyidikan kasus korupsi, ada tahap upaya pencegahan yang dilakukan pihak kepolisian bersama inspektorat.[yat]