Warga Papua Berduka, Wakil Gubernur Papua, Klemen Tinal,SE Meninggal Dunia Di Jakarta

Sekda Papua, Dance Flasy bersama sejumlah pejabat lain saat melakukan koordinasi terkait meninggalnya Wakil Gubernur Papua, Klemen Tinal,SE

JAYAPURA, PapuaSatu.com – Warga di Provinsi Papua dikejutkan dengan informasi bahwa Wakik Gubernur Provinsi Papua, Klemen Tinal,SE telah meninggal dunia di Jakarta, Jumat (21/5/21) pukul 04.00 WIB.

Terkait berita duka tersebut, sekitar pukul 15.00 WIT, Forkopimda Papua menggelar rapat mendadak yang dipimpin Sekretaris Daerah (Sekda) Papua, Dance Flasy di kediama Sekda Papua.

Dalam rapat tersebut tampak juga diikuti Ketua FKUB Papua, Pdt. Lipius Biniluk, Ketua DPRP, Ketua MRP, Wakapolda Papua, Kasdam XVII/Cenderawasih, Danlantamal dan sejumlah pejabat lainnya.

Usai rapat, Sekda Papua, Dance Flasy mengungkapkan, bahwa meninggalnya Klemen Tinal SE meninggalkan rasa duka mendalam bagi seluruh masyarakat di Papua.

Dikatakan, berdasarkan informasi dipastikan bahwa Klemen Tinal meninggal karena sakit.

“Sudah dua minggu beliau tidak masuk kantor,” ungkapnya.

Atas berpulangnya Wagub Papua, disepakati dalam rapat tersebut bahwa mulai Hari Sabtu (22/5/21) dilakukan kenaikan bendera setengah tiang untuk seluruh instansi dan lembaga di seluruh Papua.

“Akan disampaikan surat dari pemerintah ke seluruh instansi pemerintah untuk menaikkan bendera setengah tiang,” lanjutnya.

Dikatakan, Hari Sabtu (22/5/21), jenazah akan diberangkatkan dari Jakarta ke Jayapura menggunakan pesawat Garuda, dan akan disemayamkan di Gedung Negara untuk prosesi ibadah dan pelepasan dari pemerintah kepada keluarga.

Dan direncanakan, jenazah akan diterbangkan kembali menggunakan pesawat Herkules milik TNI AU menuju Timika.

Sesampainya di Timika, jenazah akan disemayamkan di pendopo milik almarhum, untuk prosesi selanjutnya oleh pihak keluarga sebelum dimakamkan.

Pantauan lapangan, tampak di tengah jalan depan kediaman Wakil Gubernur Papua, di Jln Trikora, Kelurahan Angkasapura, Distrik Jayapura Utara, Kota Jayapura, terpasang bendera hitam.

Di halaman kediaman Wakil Gubernur Papua juga cukup ramai warga ataupun pihak keluarga yang berdatangan untuk menantikan kedatangan jenazah.[yat]