Wujud “Pahlawanku Teladanku”, Satgas Yonif Raider 600/Modang Gelar Donor Darah

62

MAPPI, PapuaSatu.com – Dalam rangka menyambut peringatan Hari Pahlawan TNI Tahun 2022, Yonif Raider 600/Modang melaksanakan kegiatan bakti sosial berupa donor darah yang diikuti oleh personel Satgas Yonif R 600/Modang, kegiatan ini bekerjasama dengan RSUD Kabupaten Mappi Papua dan Masyarakat Kab Mappi yang tergabung dalam KKSS, Jumat (11/11/2022).

Kegiatan bakti sosial donor darah tersebut merupakan salah satu bentuk bukti nyata keperdulian personel Yonif Raider 600/Modang yang sedang melaksanakan tugas di Papua.

Danyonif Raider 600/Modang Letkol Inf Hanif Arridho, S.E., M.M. menyatakan bahwa Hari Pahlawan merupakan momentum yang tepat dimana kita telah mendapat tauladan dari para Pahlawan yang telah berkorban jiwa dan raganya demi tegaknya NKRI sehingga kita bisa menikmati kemerdekaan sampai saat ini. Sesuai dengan tema hari Pahlawan saat ini yaitu Pahlawanku Teladanku. Dansatgas juga mengajak dan mencontohkan salah satu pengorbanan untuk sesama manusia dengan wujud nyata, yaitu berupa donor darah.

“Saya menerima laporan dari Dokter Batalyon bahwa masyarakat di Kab. Mappi memerlukan bantuan darah karena ketersediaan darah di RSUD sangat terbatas, untuk itu kami tergerak untuk membantu dan mengajak masyarakat untuk ikut serta melaksanakan donor darah” tuturnya.

“Saya selaku Dansatgas mengucapkan terima kasih atas banyaknya dukungan dari masyarakat yang ikut serta dalam kegiatan ini semoga apa yang kita lakukan ini diterima sebagai amal ibadah kita,” pungkasnya.

Sementara itu Dokter Satgas Yonif Raider 600/Modang Dr Rahmat ikbal mengungkapkan bahwa darah merupakan komponen penting di dalam tubuh manusia. Satu orang mendonorkan darah dapat menyelamatkan tiga nyawa sekaligus.Tidak hanya bagi penerima, sebagai pendonor juga mendapatkan manfaat yang dapat dirasakan seperti menurunkan risiko penyakit dan pembuluh darah, menurunkan risiko kanker, dan dapat mendeteksi virus.

Di tempat yang sama, Asisten 1 Kab. Mappi yang mewakili Pj Bupati Mappi yang menjelaskan bahwa Pemda mengapresiasi dan berterima kasih terhadap Satgas dan masyarakat atas kegiatan mulia, yang telah perduli menyumbangkan darahnya kepada sesama, karena stok darah di Kab. Mappi sangat terbatas.

“Apabila habis harus mendatangkan dari Merauke, dengan kegiatan ini tentunya kita telah menyelamatkan banyak nyawa yang memerlukan pertolongan,” jelasnya.

Direktur RSUD Mappi Dr. Ira menyatakan bersyukur dan mengucapkan terima kasih banyak atas inisiasi kegiatan tersebut karena selama ini pihaknya kesulitan apabila ada pasien emergency yang memerlukan darah.

“Kami ucapkan terima kasih atas segala dedikasi dan kesediaan personel Satgas yang siaga selama 24 jam apabila diperlukan, kami harap kegiatan seperti ini dapat secara rutin dilaksanakan,” harapnya.

Selain personel Satgas kegiatan ini dilaksanakan juga oleh Organisasi Kerukunan Keluarga Sulawesi Selatan serta Organisasi RAPI yang sekaligus merayakan ulang tahunnya.[redaksi]