Ditinjau Langsung oleh Pangdam dan Kapolda, Pemungutan Suara Ulang di Kab. Deiyai Kondusif

0
582
Pangdam XVII/Cenderawasih Mayjen TNI Yosua P Sembiring bersama Kapolda Papua, Irjen Pol Drs. Martuani Sormin,M.Si disambut Forkopinda Kabupaten Deiyai saat tiba di Bandara Wagete

DEIYAI, PapuaSatu.com – Untuk memastikan situasi Kamtibmas di Kabupaten Deiyai pada pelaksanaan Pemungutan Suara Ulang (PSU) Pilkada Bupati Kabupaten Deiyai, untuk dua distrik, Selasa (6/10/2018), Pangdam XVII/Cenderawasih Mayjen TNI Yosua P Sembiring bersama Kapolda Papua, Irjen Pol Drs. Martuani Sormin,M.Si melakukan pemantauan langsung menggunakan helykopter.

Dari press release yang diterima dari Penerangan Kodam (Pendam) XVII/Cenderawasih bahwa Pemungutan Suara Ulang (PSU) Pilkada Bupati Kab. Deiyai hari Selasa (16/10/18), di  Distrik Kapiraya dan Distrik Tigi Barat, berlangsung aman dan kondusif dan tidak terlihat adanya ketegangan antar pendukung seperti yang selama dikhawatirkan.

Sebelum melakukan peninjauan, Pangdam dan Kapolda diterima oleh Pj. Bupati Deiyai, FX Mote; Ketua DPRD Kabupaten Deiyai Yunias Edowai; Dandim 1705 Nabire; Kapolres Paniai dan perwakilan KPU Pusat serta Bawaslu di Bandara Wagete.

Pada pertemuan itu Pangdam dan Kapolda meminta kepada Forkompimda Kabupaten Deiyai untuk mengajak masyarakat Deiyai agar tetap mengedepankan persaudaraan.

“Siapapun yang menang harus bisa merangkul yang kalah. Dan yang kalah harus bisa mendukung yang menang”, pesan Kapolda.

Baik Pangdam maupun Kapolda, juga menggunakan kesempatan ini untuk mengunjungi para prajurit TNI – Polri yang bertugas di Koramil/Polsek/Pos Satgas Pam di wilayah Deiyai dan Enarotali.

Seperti layaknya seorang bapak kepada anak-anaknya, baik Pangdam dan Kapolda menyempatkan diri untuk menyapa dan memberikan dukungan moril kepada para prajurit yang tetap bersemangat mengabdi bagi NKRI dalam suasana keterbatasan.

Untuk pleno di KPUD Kabupaten Deiyai diagendakan untuk digelar pada Kamis (18/10/2018) pukul 10.00 WIT dengan melibatkan 550 personil pengamanan dari TNI dan Polri.

Sementara itu, Kabid Humas Polda Papua Kombes Pol Drs. Ahmad Musthofa Kamal, SH melalui perss releasenya juga menyatakan, bahwa situasi pelaksanaan PSU di 2 distrik tersebut berjalan aman dan kondusif.

“Kami menghimbau kepada yang menang untuk dapat merangkul yang kalah untuk bersama-sama mendukung pembangunan di Kabupaten Deiyai dan yang kalah harus menerima kekalahan ini dengan lapang dada dan tidak melakukan hal-hal yang dapat mengganggu keamanan dan ketertiban khususnya di Kabupaten Deiyai,” imbaunya.[yat]