Calon Taruna Akpol dan Tamtama T.A 2020 Panda Papua Ikuti Uji Kesemaptaan

0
123
Caption : Kabid TIK Polda Papua Kombes. Pol. Nicolas Ary Lilipaly, saat memantau proses uji kesamaptaan Taruna Akpol dan Tamta T.A 2020 Panda Papua, Senin 13 Juli 2020 pagi.
Caption : Kabid TIK Polda Papua Kombes. Pol. Nicolas Ary Lilipaly, saat memantau proses uji kesamaptaan Taruna Akpol dan Tamta T.A 2020 Panda Papua, Senin 13 Juli 2020 pagi.

JAYAPURA, PapuaSatu.com – Calon Tarina Akademi Kepolisian dan Tamtama  kepolisian republik Indonesia Tahun Anggaran 2020, Senin  13 Juli 2020 pagi, pukul 06.00 Wit, mengikuti uji Kesemaptaan di lapangan Rastra Samara SPN Jayapura.

Kabid TIK  Polda Papua Kombes. Pol. Nicolas Ary Lilipaly,  mengucapkan terima kasih kepada paara calon taruna Akpol dan Tamtama yang sudah hadir tepat waktu dalam uji kesamaptaan seleksi calon taruna Akpol dan Tamta pada Tahun Anggaran 2020.

“Saya berharap dalam uji kesamaptaan tidak praktek unsur Kolusi dan Nepotisme.  Para peserta semua ingin merubah nasibnya, doa mereka doa orang tua mereka supaya bisa merubah setatus ekonomi dan status sosial mereka, Kelulusan mereka, tergantung mereka, bukan kelulusan mereka tergantung kita,” ungkap Nicolas.

Menurut Nicolas, penerimaan taruna Akpol dan Tamtama merupakan pendidikan tes seleksi bukan pengembangan atau pemantapan karena pendidikan pembentukan, kalau obyektif yang bisa ya bisa yang tidak ya tidak, hati-hati karena kita masih menggunakan manual.

“Kalau di Akpol sana sudah semua pakai alat. Jadi ajang kolusi dan nepotisme disana tidak ada, Karena aitem ini masih manual saya minta kejujuran, tanggung jawab dan dilaksanakan dengan baik. Percayalah kalau kita kerja dengan baik nanti hasilnya akan kita terima baik juga baik nanti keturunan kita yang menikmatinya,” tekan Nicolas.

Bahkan Nicolas menegaskan, pihaknya akan mengecek secara lagsung di bagian Shuttle Run untuk mengetahui proses penilaian.  “Saya akan cek dan akan saya panggil satu satu atau dua orang di Shuttle Run nilainya benar tidak, siapa yang duluan masuk siapa yang belakangan.  Saya tidak akan memberikan kesempatan untuk kolusi dan nepotisme, Selesai tes nanti saya akan panggil satu satu di depan peserta semua,” cetus dia.

Untuk kelulusan, kata Nicolas, akan ditempelkan di papan pengumuman dan pada pengumuman tidak memakai nama tapi menggunakan nomor tes jasmani yang sudah dibagikan.

“Saya minta kalian saling memperhatikan no punggung teman-teman kalian, saya mencegah adanya kolusi dan nepotisme, sebelum kalian tanda tangan, kalian cek benar  hasil yang di tulis  dengan hasil yang kalian capai  nanti sama atau tidak, kalau sama baru kalian tanda tangan,” katanya mengingatkan kepada para taruna Akpol dan Tamtama.

Nicolaas menembahkan, setelah seleksi dinyatakan selesai maka akan mengecek semua dan akan menguji sendiri. “Saya akan uji sendiri apakah yang di tulis dengan hasil kalian benar apa tidak. Yang di tulis di papan dengan hasil yang kalian peroleh  benar apa tidak jadi kalian harus ingat,” ucapnya.

“Kita masih menjalankan protokol kesehatan, untuk itu kalian harus jaga jarak selalu menggunakan masker pada saat mau melaksanakan gerakan tes saja baru di lepas, laksanakan seluruh rangkaian tes dengan sebaik – baiknya semoga kalian semua mendapatkan hasil yang memuaskan,” tukasnya.

Lebih lanjut disampaikan Nocolas bahwa, pelaksanaan tes bersifat sangat terbuka dan transparan, peserta seleksi bisa melihat langsung nilai yang diraihnya, untuk memberikan pelayanan kesehatan kepada panitia dan peserta seleksi, disiapkan pula tenaga kesehatan beserta ambulans oleh Biddokkes Polda Papua.

Sementara itu, materi Tes Kesamaptaan Jasmani yang dilaksanakan meliputi lari 12 menit, pull up, sit up, push up masing-masing 1 menit dan shuttle run serta renang.

Para peserta uji kesamaptaan jasmani melasanakan pemanasan sebelum melaksanakan tes lari dan peserta seleksi Taruna Akpol di bagi menjadi 2 kelompok dan seleksi Tamtama di bagi menjadi 3 kelompok.

Pukul 10.00 Wit penandatangan dan pengumuman hasil uji Tes Kesamaptaan Jasmani Taruna/Taruni dan Tamtama Polri.

Adapun Jumlah calon siswa yang mengikuti Uji Kesamaptaan  yaitu sebanyak  33 peserta Taruna/Taruni terdiri dari 31 Calon Taruna serta 2 Calon Taruni, Sementara itu untuk tamtama sebanyak 60 Peserta.

Adapun Calon Taruna-Taruni yang Tidak Memenuhi Syarat (TSM) sebanyak 2 orang terdiri dari 1 Pria dan 1 Wanita, sementara untuk Colon Tamtama yang Tidak Memenuhi Syarat (TSM) sebanyak 11 orang, untuk hari Selasa tanggal 14 Juli 2020 akan dilaksanakan Tes Renang bertempat Kolam Tirta Mandala. [loy]