Binmas Polsek Abepura Sosialisasi Saber Pungli dan Anti Hoax Kepada Karyawan Bank

485

JAYAPURA, PapuaSatu.com – Dalam upaya terus mensosialisasikan tentang pemberantasan tindak pidana Pungutan Liar, Aparat dari Unit Binmas Polsek Abepura menggelar penyuluhan kepada kalangan perbankan.
Kali ini, Unit Binmas Polsek Abepura, melakukan sosialisasi Saber Pungli dan Anti Hoax kepada karyawan Bank Mandiri bertempat di Kantor Bank Mandiri Unit Abepura Distrik Abepura, Selasa (15/01/19).
Kegiatan Sosialisasi tersebut dipimpin Kanit Binmas Polsek Abepura, Ipda Roedy Rubianto didampingi Bhabinkamtibmas Abepantai Aiptu F.X Rumwarin, Bhabinkamtibmas Kelurahan Hedam Aipda Jufri dan diterima oleh Pimpinan Bank Mandiri Unit Abepura Bambang Eka, S.E berserta para pegawainya.
Kanit Binmas Polsek Abepura Ipda Roedy Rubianto menerangkan bahwa tindakan Pungli merupakan perbuatan tindak pidana yang tentunya melanggar hukum, dimana pungutan liar bisa terjadi karena ada yang memberi dan ada yang menerima dengan tujuan untuk urusan tertentu.
Dikatakan juga, untuk Kota Jayapura telah terbentuk Satgas Saber Pungli dimana Wakapolres Jayapura Kota Kompol Heru Hidayanto, S.Sos bertindak sebagai Ketua Satgas dengan dibantu oleh instansi terkait yang tergabung didalamnya.
“Mari semua karyawan Bank Mandiri kita satukan tekad untuk sama-sama memberantas segala bentuk pungutan liar, dan jangan segan-segan untuk melaporkan apabila mengetahui, melihat atau mengalami pungutan liar,” ujar Kanit Binmas.
Dalam kesempatan tersebut, Kanit Binmas juga mengimbau agar dalam menyikapi setiap berita di media sosial, tidak mudah terjebak dan tidak mudah terprovokasi terhadap berita yang belum kita tahu kebenarannya dan tidak turut serta menyebarkan berita bohong atau hoax.
Yang mana, tindakan tersebut merupakan tindak pidana dan dapat dijerat dengan UU ITE.
Pimpinan Bank Mandiri Unit Abepura pun menyampaikan terima kasihnya kepada aparat kepolisian yang bersedia mengunjungi dan memberi sosialisasi kepada karyawannya.
“Kami sangat berterima kasih atas kedatangan anggota Polsek Abepura dan kami siap mendukung dengan membantu memberitahukan informasi yang telah kami terima terutama kepada keluarga dan saudara-saudara terdekat,” ucap Pimpinan Bank Mandiri Unit Abepura. [yat]