Bupati Keerom Imbau Seluruh Mahasiswa Asal Keerom Tetap Lanjutkan Study

0
88
Bupati Keerom, Muh. Markum

JAYAPURA, PapuaSatu.com –  Bupati Keerom Muh. Markum, SH, MH, MM mengimbau kepada seluruh mahasiswa asal Kabupaten Keerom untuk tetap melanjutkan perkuliahan di tempat semula sebagaimana biasanya.

Mencermati perkembangan situasi kondisi yang terjadi sehubungan dengan permasalahan rasisme dan intimidasi kepada Mahasiswa asal Papua di Surabaya, Malang dan Semarang beberapa waktu lalu, yang memicu terjadinya demonstrasi dan tindakan anarkis di Jayapura Papua dan Papua Barat, sudah diambil oleh pemerintah terhadap penyelesaian peristiwa dimaksud.

“Kepada seluruh mahasiswa Papua asal Kabupaten Keerom untuk tidak terprovokasi isu-isu eksodus khusunya yang kuliah di Surabaya, Bali, Makassar, Manado atau tempat lainnya untuk tetap melanjutkan perkuliahan/studi di tempat masing-masing seperti biasanya sampai selesai,” imbau bupati.

Kata bupati, dalam sistem pendidikan yang ada tidak ada yang menjamin bahwa Mahasiswa Papua yang berasal dari Kabupaten Keerom pulang ke Papua dapat ditampung dan melanjutkan perkuliahan di perguruan tinggi di Papua.

“Pemerintah Kabupaten Keerom tidak menyediakan anggaran bagi mahasiswa Papua yang yang berasal dari Kabupaten Keerom yang pulang maupun kembali ke tempat Perkuliahan sehubungan dengan permasalahan dimaksud,” kata bupati.

Pihak keamanan yakni Kapolri dan Kapolda Papua juga sudah mengimbau dan menjamin keamanan, kenyamanan bagi Mahasiswa asal Papua.

“Dan apabila terjadi hal-hal yang mengintimidasi Mahasiswa Papua yang berasal dari Kabupaten Keerom dalam proses Perkuliahan maupun aktivitas lainnya agar segera melaporkan kepada Bupati Keerom dan kepada pihak yang berwajib setempat,” ujar bupati Markum.[yat]