Di Tengah Pendemi Covid 19, Angka Kecelakaan Lalu Lintas di Papua Turun

219
Kapolda Papua, Irjen Pol. Drs, Paulus Waterpauw saat memaparkan refleksi semester I Tahun 2020 di Aula Rupatama Mapolda Papua, Jumat (26/6/20)
Kapolda Papua, Irjen Pol. Drs, Paulus Waterpauw saat memaparkan refleksi semester I Tahun 2020 di Aula Rupatama Mapolda Papua, Jumat (26/6/20)

JAYAPURA, PapuaSatu.com – Dalam refleksi semester I Tahun 2020, Kapolda Papua, Irjen Pol. Drs, Paulus Waterpauw menyatakan ada beberapa kasus yang menurun pada Semester I yang dimungkinkan terkait situasi Pandemi Covid-19.

Salah satunya adalah pada Bidang Kamseltibcarlantas, yakni kecelakaan lalu lintas yang menurun.

“Dimana dari data yang disampaikan bahwa selama Semester I Tahun 2020 sebanyak 428 kasus, jika dibandingkan dengan Semester I Tahun 2019 sebanyak 637 kasus, yang berarti mengalami penurunan sebanyak 209  kasus atau -32,8 %,” ungkapnya saat memaparkan refleksi Semester I Tahun 2020 di Aula Rupatama Mapolda Papua, JUmat (26/6/20).

Dari kecelakaan di Semester I Tahun 2020 tersebut korban meninggal sebanyak 42 orang, jika dibandingkan dengan Semester I Tahun 2019 sebanyak 86 orang  berarti mengalami  penurunan sebanyak 44 orang yaitu atau turun -51%.

Namun demikian, untuk pelanggaran Lalu Lintas mengalami peningkatan, yakni data Semester I Tahun 2020 sebanyak 17.296 kasus sedangkan Semester I Tahun 2019 sebanyak 9.447 kasus, sehingga mengalami peningkatan sebanyak 7.849 kasus atau 45,4%.

“Usia rata-rata yang mengalami kecelakaan adalah masyarakat dengan usia produktif,” jelasnya.

Faktor penyebab kecelakaan di antaranya adalah kurangnya konsentrasi pengemudi dalam berkendara sementara kendaraan dipacu dengan kecepatan tinggi, sehingga akhirnya kendaraan sulit dikendalikan.

Dengan menurunnya angka kecelakaan dan pelanggaran lalu lintas merupakan bukti bahwa kesadaran para pengguna jalan baik roda dua dan roda empat meningkat. Selain itu, dengan adanya pembatasan aktivitas di masa Pandemi Covid 19 di Papua sehingga aktifitas para pengendara juga tidak dibatasi.

Kabid Humas Polda Papua Kombes Pol Drs. Ahmad Musthofa Kamal, SH menyatakan apresiasinya kepada warga masyarakat yang telah sadar akan pentingnya tertib berlalu lintas di jalan raya, karena keselamatan merupakan hal terpenting dalam melakukan aktifitas dijalan raya dengan kita tertib dan mentaati segala peraturan lalu lintas yang ada.

Selain itu meningkatnya kesadaran para pengguna jalan raya merunnya angka kecelakaan dan pelanggaran lalu lintas tersebut tidak terlepas dari aktifnya personil lalu lintas baik Polda maupun Polres jajaran melakukan razia terhadap pengguna jalan dengan mengedepankan tindakan preemtif dengan meningkatkan kegiatan-kegiatan sosialisasi tentang tertib di jalan raya, memasang spanduk-spanduk imbauan agar masyarakat mematuhi protokol kesehatan untuk memutus mata rantai penyebaran Covid-19.

Ini terus dipertahankan demi terciptanya kamseltibcarlantas aman aman dan nyaman bagi para pengguna jalan. Kami akan terus meningkatkan pelayanan yang terbaik bagi masyarakat ditengah pandemi Covid 19 di Papua. Kami juga menghaharpkan kerjasama dari seluruh komponen masyarakat untuk mari kita bersama-sama menjaga situasi kamtibmas yang aman dan kondusif.[yat]