Digelar Secara Virtual, HUT Polairud Ke-70 di Polda Papua Dihadiri Dua Pejabat Dari Pusat

Kakorpolairud Baharkam Polri, Irjen. Pol. Drs. Verdianto saat memimpin peserta upacara HUT Ke-70 secara virtual di Dermaga Polairud Polda Papua, Selasa (1/12/20)
Kakorpolairud Baharkam Polri, Irjen. Pol. Drs. Verdianto saat memimpin peserta upacara HUT Ke-70 secara virtual di Dermaga Polairud Polda Papua, Selasa (1/12/20)

JAYAPURA, PapuaSatu.com  – HUT Polairud ke-70 diperingati dengan upacara secara virtual yang dipimpin Kapolri, Jenderal Pol. Idham Azis, Selasa (1/12/20).

Untuk Polairud Polda Papua, mengikuti upacara virtual tersebut di Dermaga Polairud Polda Papua, yang dirangkaikan acara syukuran dengan pemotongan tumpeng ulang tahun oleh Wakapolda Papua, Brigjen Pol Matius Fakhiri.

Yang istimewa, peserta upacara dari Papua dihadiri Kakorpolairud Baharkam Polri, Irjen. Pol. Drs. Verdianto.

Selain itu, jug ada pejabat dari Mabes Polri, yaitu Dir Kamneg Brigjen Pol. Umar Efendi, serta diikuti Wakapolda Papua, Brigjen Pol Matius Fakhiri, S.IK, Dir Polairud Polda Papua Kombes Pol Ir. Kasmolan, M.A.P, PJU Polda Papua serta seluruh personel Polairud Polda Papua.

Wakapolda Papua, Brigjen Pol Matius Fakhiri saat ditemui usai acara syukuran mengungkapkan, bahwa Polairud diharapkan mampu membantu tugas-tugas kepolisian lain dalam rangka penyelenggaraan Pemilu Tahun 2020.

“Tentunya kita sangat berharap jajaran Polairud ini, khususnya di Tanah Papua di beberapa titik yang memang merupakan daerah perairan, untuk membantu mendorong logistik, termasuk mengamankan pelaksanan Pemilukada Tahun 2020,” ungkap Wakapolda.

Meski dihadapkan dengan tantangan besarnya ombak di perairan Papua pada Bulan Desember, hal itu menjadi tantangan sendiri untuk mampu membantu KPU dalam mendorong logistik agar sampai di tempat tujuan tepat waktu.

Di kesempatan sama, Dir Polairud mengungkapkan bahwa di usia ke-70 ini, Polairud Polda Papua mendapat penambahan armada berupa tiga buah kapal tactical dan juga tipe C2 guna menungjang pelaksanaan tugas Polairud dalam Harkamtibmas di wilayah perairan Papua.

“Kapal itu memang untuk Polda, tapi bukan ditempatkan di Jayapura. Sudah dikoordinasikan kemarin, jadi kapal itu langsung ditempatkan di Timika,” ungkapnya Kombes Pol. Kasmolan.

Untuk memdukung pelaksanaan Pilkada 2020, Poliarud Polda Papua menyiapkan sebuah kapal yang besar untuk membantu dalam pergeseran personil pengamanan maupun logistic, terutama untuk wilayah Kabupaten Asmat yang daerahnya banyak yang merupakan perairan.[yat]