Dikhawatirkan Bawa Virus Korona, 4 Truck dan Sopir Yang Nyaris Dibakar Warga

167
Kabid Humas Polda Papua, Kombes Pol. AM Kamal, SH
Kabid Humas Polda Papua, Kombes Pol. AM Kamal, SH

JAYAPURA, PapuaSatu.com – Nyaris dibakar warga karena khawatir masukkan virus corona ke Kabupaten Tolikara, empat truck dan sopirnya berhasil diamankan ke Mapolsek Karubaga

Kejadiannya berawal pada Sabtu (23/5/2020) sekitar pukul 09.20 wit, sekelompok orang asal Karubaga berkumpul di depan kios milik seorang pengusaha berinisial HJ di di Jln. Irian Karubaga Kabupaten Tolikara, yang hendak membongkar muatan barang dari truck.

Dalam siaran pers yang dikeluarkan Bid Humas Polda Papua, kekhawatiran sekelompok orang masyarakat Karubaga tersebut dikarenakan Tim Gugus Tugas penaganan dan pencerahan Corona Diase -19 atau Covid -19 telah memasang poltal di Jalan Trans Wamena Tolikara di Kampung Minage, dan telah menetapkan jadwal khusus untuk kendaraan yang boleh masuk ke Kabupaten Tolikara adalah kendaraan yang tinggal di Tolikara dan melarang kendaraan dari daerah lain masuk ke  Tolikara.

Sementara, keempat truk tersebut melintas di Hari Sabtu yang ditetapkan sebagai hari libur, sehingga masyarakat curiga ada permainan antara supir truk dengan petugas jaga portal di Kampung Minage.

“Sekelompok masyatakat yang marah dan hendak membakar mobil truk tersebut karena masyarakat kawatir 4 mobil Truk tersebut dapat saja membawa Virus Corona ke Kabupaten Tolikara,” ungkap Kabid Humas Polda Papua, Kombes Pol. AM Kamal, SH dalam siaran persnya, Kamis (28/5/20)

Mendapatkan laporan tersebut Kapolsek Karubaga Ipda Okoka langsung mendatangi TKP dan bertemu masyarakat dan melakukan komunikasi dengan masyarakat yang berapa di TKP.

Kapolsek Karubaga Ipda Ishak  D. I Okoka, SE bersama anggota Polsek karubaga yang di back up oleh dangki Brimob Tolikara Iptu Suriadin, MH dan anggotanya kemudian mengamankan empat truk bermuatan barang tersebut besama sopir ke Mapolsek Karubaga untuk dimintai keterangan sehubungan dengan kejadian tersebut.

Kapolsek Karubaga menghimbau kepada masyarakat dan semua pihak yang ada di Kabupaten Tolikara agar tetap menjaga situasi keamanan aman dan kodusif.

“Kejadian ini serahkan kepada pihak keamanan dan akan kami tangani secara profesional serta akan terbuka sehingga masyarakat dapat mengetahui kejadian sebenarnya dan langkah apa yang telah dilakukan pihak keamanan dalam hal ini Polres Tolikara,” tegas Kapolsek.

Kapolres juga menyatakan akan melakukan koordinasi dengan pihak terkait, terutama tim gugus tugas Covid -19 Kabupaten Tolikara.

“Untuk Truck dan para sopir akan kami amankan di Mapolsek untuk dilakukan penyelidikan oleh Unit Reskrim Polsek Karubaga diback up Sat Reskrim Polres Tolikara,” pungkasnya.[yat]