Dipimpin Presiden, Upacara HUT Bhayangkara Ke-74 di Polda Papua Berlangsung Hikmat

0
100
Kapolda Papua, Irjen Pol. Drs. Paulus Waterpauw saat memberi hormat kepada Presiden RI Joko Widodo selaku inspektur upacara Hari Bhayangkara Ke-74 yang digelar secara virtual, Rabu (1/7/20)
Kapolda Papua, Irjen Pol. Drs. Paulus Waterpauw saat memberi hormat kepada Presiden RI Joko Widodo selaku inspektur upacara Hari Bhayangkara Ke-74 yang digelar secara virtual, Rabu (1/7/20)

JAYAPURA, PapuaSatu.com  –  Meski dilaksanakan secara virtual di Aula Rastra Samara Polda Papua, Rabu (1/7/2020), upacara HUT Bhayangkara ke-74 terasa istimewa bagi seluruh jajaran Polri di Indonesia dan terkhusus di Papua.

Karena, pada upacara yang dihadiri Kapolda Papua, Irjen Pol. Drs. Paulus Waterpau, Wakil Gubernur Papua, Klemen Tinal,SE dan sejumlah unsur Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) Provinsi Papua, dipimpin langsung oleh Presiden RI, Joko Widodo sebagai inspektur upacara.

Pada upacara Hari Bhayangkara ke-74 dengan Thema “Kamtibmas kondusif masyarakat semakin produktif”, Presiden Jokowi atas nama rakyat, bangsa, dan negara Republik Indonesia mengucapkan selamat hari Bhayangkara ke-74 kepada keluarga besar Kepolisian Negara Republik Indonesia di manapun bertugas.

“Saya ucapkan terima kasih dan penghargaan setinggi-tingginya atas pengabdian, pengorbanan dan sumbangsih saudara-saudara sekalian dalam menjaga keamanan dan ketertiban, dalam menegakkan hukum, serta dalam memberikan pengayoman dan pelayanan kepada masyarakat selama ini,” ujar Jokowi.

Sebagai bangsa pejuang, kata Presiden, kita tidak boleh cepat menyerah dalam menghadapi permasalahan dan tantangan yang ada.

“Pandemi Covid-19 yang melanda dunia termasuk Indonesia merupakan cobaan yang berat. Kita harus selalu berikhtiar dan bekerja keras untuk mengatasi permasalahan kesehatan maupun permasalahan ekonomi,” ujar presiden.

“Dalam situasi yang sulit sekarang ini, kehadiran dan keterlibatan seluruh jajaran Polri sangat dibutuhkan. Mulai dari jajaran Mabes Polri, Polda, Polres dan Polsek, sampai Bhabinkamtibmas di desa-desa, harus ikut aktif terlibat dalam mengajak masyarakat agar disiplin menjalankan protokol kesehatan,” sambung presiden.

Kata Presiden Jokowi, meski saat ini Polri fokus dalam membantu mengendalikan Pandemi Covid-19, tetapi berbagai agenda strategis Polri tidak boleh dilupakan.

Yakni harus terus mereformasi diri secara total untuk lebih profesional dan modern.

“Saya ingatkan bahwa Polri akan menghadapi tantangan yang semakin berat dan kompleks. Mulai dari kejahatan konvensional, kejahatan lintas negara, kejahatan yang berimplikasi kontijensi, sampai dengan kejahatan terhadap kekayaan Negara,” jelas presiden.[yat]