Itwasda Polda Papua Lakukan Rapat Satgas Saber Pungli UPP Provinsi Papua

194
Suasana rapat perdana Satgas Saber Pungli UPP Provinsi Papua T.A. 2020, Rabu (14/5/20)
Suasana rapat perdana Satgas Saber Pungli UPP Provinsi Papua T.A. 2020, Rabu (14/5/20)

JAYAPURA, PapuaSatu.com – Irwasda Polda Papua, Kombes Pol Patrige Renwarin, S.H. M.Si menggelar rapat perdana Satgas Saber Pungli UPP Provinsi Papua T.A. 2020, Rabu (14/5/20).

Tampah hadir juga dalam kegiatan tersebut, Dirreskrimum Polda Papua Kombes Pol Kolestra Siboro, Kabidhumas Polda Papua Kombes Pol Drs. Ahmad musthofa Kamal, S.H., Yafet Bonai Parik Aswas Kejati, Diyah F. Chaeroni Irban Inspektorat Prov Papua, AKBP Paul Isak S. Kasubdit I Ditintelkam, AKBP Karla Yacobus Kasubbid Binpolmas Ditbinmas, Kompol Philips M.L., S.H. Kabag Indaksi, Kompol I Made Suartika Kaurminpam Propam, Kompol Achmad Fauzan, S.Ag. Kasubbagdumasanwas, AKP Sarwoko, S.Sos Kanit Ditreskrimum Polda Papua.

Ny. Diah, perwakilan dari Inspektorat Provinsi Papua menyampaikan, bahwa saat ini masih mengacu pada kegiatan tahun sebelumnya, yaitu kegiatan rutin dari Posko Saber Pungli dan Sosialisasi.

“Saat ini telah dilaksanakan penyaluran bantuan sosial kepada masyarakat  terkait adanya wabah Covid-19, namun masih terdapat beberapa yang belum kena sasaran, ada yang dobel dan ada yang tidak dapat,” ungkapnya.

Ibu diah menyampaikan informasi saat ini bahan pkok mengalami kenaikan yang sangat signifikan sampai 100% lebih kiranya Satgas Saber Pungli mekanismenya seperti apa utk dapat memonitoring kenaikan bahan pokok

Irwasda Polda Papua pun menyampaikan, bahwa saat ini Satgas Saber Pungli harus tetap eksis, apalagi saat  adanya bantuan-bantuan sosial yang harus dipantau dan ditindaklanjuti bersama.

“Oleh karena itu masing-masing Pokja Saber Pungli mulai sekarang untuk segara menyusun rencana aksi dan fokus tugasnya kepada pengawasan terhadap distribusi bantuan-bantuan, baik berupa uang maupun barang yang sumber dananya dari APBN dan APBD,” ujarnya.

Satgas Saber Pungli, kata Kombes Pol. Patrige,  dibentuk dengan semangat untuk menyelamatkan uang Negara, dan bukan untuk memenjarakan orang.

“Untuk dukungan anggaran saya kira sudah berjalan selama ini,” ujarnya.

Dalam kesempatan tersebut, Kabidhumas menyampaikan bahwa jabatannya sebagai sekretaris dalam Sprin Saber Pungli, namun realisasinya lebih kepada Pokja Pencegahan dengan kegiatan preventif dengan melaksanakan sosialisasi melalui media cetak maupun elektronik.

Kabidhumas juga menyampaikan, pada saat pergantian Irwasda Polda Papua, laporan sosialisasi yang tergabung dalam Group WA sudah jarang dilaksanakan dan dilaporkan.

Kompol Achmad Fauzan, S.Ag menyampaikan, selaku Pokja penindakan tahun 2019 telah melakukan OTT kepada aparat  dan masyarakat.

“Untuk tahun ini kami masih menunggu informasi apakah masih terdukung atau tidak untuk giat Satgas Saber Saber Pungli,” ungkapnya.

Kompol Philips M.L. menyampaikan, bahwa dari awal pembentukan, Pokja Penindakan sudah membuktikan kinerjanya, yaitu mulai OTT dari Pungli Pasar Entrop, Pungli Sentani, Pungli Pelabuhan dan terakhir Pungli keterlibatan Kepala Dinas Kehutanan Provinsi Papua masalah kayu.[yat]