Jaga Papua Tanah Damai, Stakeholder Kabupaten Supiori Deklarasi Bersama

0
37
Peserta deklarasi bersama saat berfoto bersama di Mapolres Supiori, Selasa (10/09/19)
Peserta deklarasi bersama saat berfoto bersama di Mapolres Supiori, Selasa (10/09/19)

JAYAPURA, PapuaSatu.com – Dalam rangka menjaga Papua Tanah Damai, Pemerintah Kabupaten Supiori dan stakholder yang ada di Kabipaten Supiori melakukan deklarasi bersamadi Mapolres Supiori, Selasa (10/09/19).

Kesepakatan bersama tersebut berisi empat point, yakni : 1. Menjaga persatuan dan kesatuan ditambah Papua. 2. Hidup berdampingan rukun dan damai penuh kasih sayang, 3. Sepakat tidak terpengaruh isu isu yg tidak benar, 4. Masyarakat menolak kelompok separatis dan radikal di tanah Papua.

Bupati Supiori Jules Warikar mengajak segenap komponen masyarakat Supiori untuk bersama-sama dengan pemerintah dan pihak keamanan TNI POLRI bau membau mewujudkan Kamtibmas di kabupaten Supiori agar tetap damai.

“Mari kita bersama-sama dengan aparat keamanan  TNI POLRI untuk mewujudkan Supiori menjadi tanah yang aman damai dan kondusif dengan mengedepankan kerukunan dan kebersamaan dalam keberagaman,” ajaknya.

Bupati mengatakan bahwa Supiori adalah tanah Injil, bukan berarti menolak agama yang lain, namun mengandung arti berprilaku seperti ajaran yang ada dalam kitab injil, yaitu hidup damai penuh dengan kasih.

Dandim 1708 yang diwakili Pabung Mayor John Wakman menegaskan bahwa TNI Polri solid dalam menghadapi segala kemungkinan dan permasalahan di tanah Papua ini.

“Dengan hadirnya Panglima TNI dan Kapolri yang beberapa hari berkantor di Jayapura adalah bukti keseriusan pimpinan dalam menuntaskan permasalahan yang sedang terjadi di tanah Papua,” ungkapnya,

‘Sehingga dalam waktu singkat Papua kembali dalam keadaan aman dan kondusif, Papua adalah bagian yang tak terpisahkan dari  bingkai NKRI, untuk itu mari kita jaga Papua tetap dalam keadaan aman, damai dan kondusif demi pembangunan di tanah Papua ini,” sambungnya.

Kapolres Supiori AKBP I Made Budi Darma, SE pertama tama mengucapkan terimakasih kepada masyarakat Supiori yang tidak terpengaruh perkembangan situasi dari luar sehingga

“Supiori tetap aman dan kondusif, serta tidak terpengaruh dengan isu isu yang negatif dan provokatfi, ini semua berkat kerja keras kita semua terutama para tokoh masyarakat yang ada di kabupaten ini, Kapolres mengapresiasi para tokoh masyarakat yang sudah mampu membina masyarakatnya dengan baik dan benar serta mengajak agar kerjasama yang sudah terbina selama ini tetap terjaga,” ungkap Kapolres.

Kapolres juga mengajak semua masyarakat agar bersama sama menjaga kabupaten Supiori ini menjadi tanah yang damai rukun dan bersatu.

“Apabila ada permasalahan kita selesaikan bersama dengan adil dalam forum yang sudah ada sesuai peruntukannya ajaknya,” ujarnya.

Deklarasi kesepakatan bersama untuk Papua dan Supiori yang aman ditandatangani oleh segenap komponen masyarakat Supiori, maupun Kopimda, diantaranya Bupati Jules Warikar, Kapolres AKBP I Made Budi Darma,SE dan Pabung Mayor John Wakman.

Rangkaian deklarasi kesepakatan Papua damai ini dilanjutkan dengan bakar batu sebagai simbol bahwa masalah telah usai kemudian dilanjutkan dengan foto bersama para deklarator.[yat]